Temu Lawak Obat Batu Ginjal

Temu Lawak Obat Batu Ginjal

TANAMAN- Manfaat tanaman temu lawak obat batu ginjal, tanaman temu lawak merupakan tanaman berbatang semu dengan ketinggian mencapai 2 m dan mempunyai rimpang yang bercabang-cabang yang berwarna cokelat gelap dan beraroma khas. temu lawak memiliki daun lebar dan panjang berwarna hijau tua, serta bergaris cokelat. bunga pada temu lawak bergerombol dan mempunyai banyak daun pelindung dan berbulu halus.

Tanaman ini merupakan tanaman perkarangan yang tumbuh liar pada daerah yang mencapai ketinggian 1.500m diatas permukaan laut.perkembangbiakan temu lawak dengan menggunakan metode potong rimpang yang tua dan bertunas.

Temu lawak memiliki kandungan kurkuminoid, mineral minyak atsiri, dan minyak lemak. temulawak juga mengandung zat gizi antara lain karbohidrat, protein dan lemak serta serat kasar mineral seperti kalium ( K ), natrium ( Na), magnesium (Mg ), zat besi (Fe), mangan (Mn ) dan Kadmium ( Cd). Komponen utama kandungan zat yang terdapat dalam rimpang temulawak adalah zat kuning yang disebut ” kurkumin” dan juga protein, pati, serta minyak atsiri.

Minyak atsiri temulawak mengandung phelandren, kamfer, borneol, xanthorrizol, tumerol dan sineal. Kandungan kurkumin berkisar antara 1,6% – 2,22% dihitung berdasarkan berat kering. Berkat kandungan dan zat – zat minyak atsiri tadi, diduga penyebab berkhasiatnya temulawak. Kandungan Zat Aktif Temulawak Kurkumin, kurkuminoid, P-toluilmetilkarbinol, seskuiterpen d-kamper, mineral, minyak atsiri serta minyak lemak, karbohidrat, protein, mineral seperti Kalium (K), Natrium (Na), Magnesium (Mg), Besi (Fe), Mangan (Mn), dan Kadmium (Cd). Mekanisme Kerja Kurkuminoid Kurkumin yang dapat menurunkan SGOT dan SGPT sampai tingkat normal. Kurkuminoid dalam temulawak dapat meningkatkan sekresi cairan empedu yang berguna untuk mengemulsikan lemak serta dapat menurunkan kadar lemak dalam darah dan hepatoprotektor.

P-toluilmetilkarbinol dan seskuiterpen d-kamper untuk meningkatkan produksi dan sekresi empedu serta turmeron sebagai antimikroba. Minyak atsiri berefek merangsang produksi empedu dan sekresi pankreas serta mempunyai kemampuan sebagai bakterisid maupun kemampuan melarutkan kolesterol. Pada dosis tinggi, minyak atsiri dapat menurunkan kadar enzim glutamate Oksaloasetat transaminase dalam serum (SGOT) dan enzim glutamate Piruvat transaminase dalam serum (SGPT).

Temu lawak juga memiliki khasiat dibidang kesehatan yaitu sebagai pengobatan penyakit lever, batu ginjal, kurang gizi, asam lambung, asam urat, ambeien. untuk cara penggunaan temu lawak sebagai pengobatan lever, batu ginjal, dan kurang gizi, bisa disimak dibawah ini :

OBAT BATU GINJAL
CARA : Temu lawak sebesar ibu jari dan tiga lembar daun kumis kucing serta meniran direbus dengan tiga gelas air. minum larutan tersebut setiap pagi dan sore.

OBAT KURANG GIZI
CARA : Temu lawak satu jari dicuci lalu diparut, tambahkan air masak dan sedikit garam, lalu disaring. minum larutan tersebut tiga kali sehari.

OBAT LEVER
CARA : Temu lawak satu jari, ditambah setengah kilogram waluh putih, kupas dan potong-potong. rebus potongan tersebut dengan lima gelas air dan minum larutan tersebut tiga kali sehari.

Demikian adalah khasiat temu lawak bagi kesehatan, untuk saran dan kritik saya persilahkan, terima kasih sudah berkunjung. mohon untuk dishare.