Pengaruh Gadget pada Anak

Pengaruh Gadget pada Anak

ANAK - pengaruh gadget pada anak. assalamualaikum, selamat malam semuanya semoga hari ini menjadi berkah dan selalu dalam lindungannya. Mas Genli sekarang melihat anak-anak agak miris, kenapa demikian ? karena anak yang seharusnya bermain bersenda gurau dengan anak sebayanya ini malah disibukkan dengan gadget.

Perubahan atau kemajuan teknologi yang semakin pesat perkembangannya setiap tahunnya. perubahan ini ada dampak positif dan ada dampak negatifnya. perkembangan teknologi di bidang gadget, banyak sekali pengaruhnya untuk anak-anak. mulai dari segi positif maupun negatif. bisa dibayangkan masa anak-anak adalah masa paling bahagia tanpa beban, jika kesehariannya hanya digunakan untuk menghabiskan waktu bermain gadget sudah dipastikan tumbuh kembang anak kurang baik.

Sudah tentu bagi orang tua agar untuk selalu mengawasi perkembangan anak. jangan sampai anak menjadi salah dalam hal apapun itu. perkembangan anak adalah salah satu tugas dari orang tua, jika orang tua memberikan atau memenjakan anak, sudah tentu perkembangan anak menjadi manja dan kurang mandiri, itu sangat tidak baik untuk perkembangan anak. apalagi anak sudah kencanduan game di hp sudah tentu sangat susah sekali untuk membuat berhenti bermain game.

Sangat miris anak-anak jaman sekarang banyak sekali, anak usia bangku sekolah dasar sampai sma, setiap pagi atau sore hari pasti ada saja yang nogkrong di warnet. bagaimana mau maju anak bangsa jika anak kecanduan bermain game, mirisnya lagi adalah anak membuka situs-situs yang berbau p*rn*grafi itu sangat-sangat miris. bisa dibayangkan efek melihat film atau tontonan yang seharusnya belum waktunya di lihat, takutnya anak mempraktekkan hal tersebut. maka sangat perlu pengawasan lebih terhadap anak.


Mas Genli akan membahas pengaruh gadget dari dampak positif dan negatif pada anak. tidak semua pengaruh gadget itu tidak baik akan tetapi ada pengaruh gadget yang bagus untuk anak. silahkan simak dibawah ini :

Dampak positif gadget bagi anak
  • dampak positif gadget bagi anak yang pertama adalah anak akan menjadi lebih kreatif karena game yang sedang maikan misalkan bermain game masak, atau game mengenal huruf atau angka, maka akan mengenalkan anak tentang angka dan huruf. 
  • pengaruh lainnya adalah membantu membentuk pola pikir anak dengan cepat. 
  • dampak yang lainnya adalah anak akan cepat mengambil keputusan, karena game yang dimainkan itu selalu mengambil tindakan yang cepat. 
  • anak akan lebih cepat menangkap informasi dan pasti mempraktekkanya dirumah kepada ayah atau ibu. 
Dampak negatif gadget bagi anak
  • dampak negatif bagi anak yang pertama adalah anak menjadi malas, dan pikirannya hanya tertuju pada game. 
  • dampak negatif bagi anak yang kedua adalah kecanduan bermain game, itu biasanya anak sangat susah sekali untuk diatur untuk bermain, sedikit-sedikit main game. kalau tidak bermain game sehari pasti rewel sekali seperti uring-uringan. 
  • dampak negatif gadget bagi anak yang ketiga adalah anak menjadi kurang gerak, itu akan mengakibatkan anak menjadi obesitas, hal ini sangat tidak baik. 
  • dampak negatif lainnya anak menjadi susah untuk bersosialisasi dengan anak sebayanya. 
  • kesehatan mata anak menjadi terganggu akibat keseringan main gadget. 
  • dan yang terakhir adalah anak menjadi kurang fokus dalam pelajaran. 
Itu adalah dampak positif dan negatif gadget bagi anak. untuk orang tua yang memiliki anak lebih baik untuk selalu mengawasi buah hatinya agar tidak cenderung bermain gadget terlalu lama, pengaruh gadget sangat besar sekali bagi anak-anak.

Terima kasih sudah mampir di blog Mas Genli. kritik, saran atau pendapat silahkan tinggalkan di kolom komentar. mohon untuk share artikel ini agar dapat bermanfaat bagi orang lain. Mas Genli ucapkan terima kasih wassalamualaikum wr wb.