Daun Kelor bermanfaat bagi kesehatan tubuh

Daun Kelor bermanfaat bagi kesehatan tubuh

Tanaman kelor yang bernama latin Moringa oleifera adalah tumbuhan dari suku Moringaceae. Tanaman ini dapat tumbuh mencapai tinggi batang sekitar 7 sampai 11 meter. Tanaman ini memiliki bunga berwarna putih kekuning-kuningan yang mengeluarkan bau dengan aroma yang semerbak, serta memiliki buah dengan bentuk segitiga memanjang biasanya di sebut kelentang dan biasanya juga bisa dimasak sebagai sayur.

Di Indonesia tanaman ini dikenal sebagai tanaman pengusir setan. Tanaman ini dianggap mampu melepas kesaktian dari seseorang. Ketika seseorang yang memiliki kesaktian meninggal dunia makan jasadnya akan dimandikan dengan daun kelor agar jasadnya bersih dari makhluk gaib dan benda-benda mistis yang melekat pada jasad tersebut.

Daun Kelor (Moringa oleifera)


Dibalik kepercayaan mistis tersebut namun sebenarnya daun kelor memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Bahkan orang ada yang meyebut tanaman kelor ini sebagai Miracle Tree (Tanaman Ajaib). 
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat daun kelor akan lebih besar lagi jika diolah menjadi bubuk dibandingkan jika daun kelor dikonsumsi secara langsung saat masih segar sebagai sayuran. Tapi meskipun begitu manfaat dan khasiat daun kelor untuk kesehatan tetap baik jika dikonsumsi secara rutin.
Untuk membuat teh atau bubuk dari daun kelor yaitu dengan mengeringkan daun kelor yang berwarna hijau tua, namun jangan mengeringkan daun kelor dengan cara dijemur atau di oven karena akan mengurangi atau menghilangkan kandungan daun kelor. Daun kelor yang sudah dikeringkan lalu ditumbuk sampai halus. Untuk dijadikan teh daun kelor tidak perlu diayak sedangkan untuk membuat bubuk daun kelor perlu diayak sehingga serbuk daun kelor lebih halus dan dimasukkan dalam cangkang kapsul atau tinggal di seduh.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari Daun Kelor bagi kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Dapat membantu meningkatkan produksi ASI
Daun Kelor dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI dan menjaga kualitas ASI, sehingga dianjurkan bagi Ibu menyusui untuk banyak mengkonsumsi daun kelor. Karena produksi ASI yang cukup dan Kualitas ASI yang baik akan menunjang pertumbuhan bayi dan perkembangan sel otak bayi.

2.Dapat membantu mengatasi jerawat dan kesehatan kulit
Daun Kelor memiliki kandungan Vitamin C dan Antioksidan yang sangat tinggi. Kedua zat tersebut sangat berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Daun kelor yang ditumbuk dapat dijadikan masker untuk membantu mengatasi jerawat dan menghaluskan kulit wajah.

3. Dapat membantu mengobati penyakit jantung dan anti kanker
Antioksidan yang terdapat pada daun kelor dapat mencegah kerusakan jantung dan mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

4. Dapat membantu mengurangi sakit pegal linu, rematik, asam urat dan nyeri sendi
Selain dikonsumsi sebagai sayur yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh, Daun Kelor juga dapat membantu mengurangi sakit pegal linu, rematik, asam urat dan nyeri sendi, yaitu dengan menumbuk daun kelor sampai halus kemudian dicampur dengan kapur sirih lalu oleskan atau balurkan pada bagian yang sakit.