Buah Alpukat yang Lezat dan Biji yang Berkhasiat

Buah Alpukat yang Lezat dan Biji yang Berkhasiat

       Buah alpukat adalah salah satu buah -  buahan yang ada di wilayah nusantara.  Dengan rasa buah yang sangat khas serta tekstur yang berbeda membuat buah ini hampir disukai berbagai kalangan serta umur. Banyak orang menggunakan buah alpukat sebagai buah yang wajib ada pada sajian es buah, bahkan bisa dijumpai hampir di semua penjual es buah. Alpukat mengandung banyak sekali Vitamin mulai dari vitamin A, C, D, mengandung kalsium, zat besi, magnesium, kalium, lemak dan karbohidrat rendah.  Tidak sedikit yang menggunakan alpukat sebagai buah untuk diet.

       Manfaat Alpukat sebagai buah yang dapat digunakan untuk perawatan kecantikan sudah bukan berita baru lagi.  Umumnya para wanita menggunakan buah alpukat sebagai masker dan lainnya dengan tujuan untuk meremajakan kulit, mengurangi penuaan dini (karena mengandung anti oksidan).  Tidak hanya untuk kecantikan saja, tapi buah alpukat sering digunakan untuk menguarangi kolesterol, ,mengurangi tekanan darah, mengatur kadar gula darah serta banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari buah alpukat.

Buah Alpukat
       Tidak banyak yang tahu bila biji buah alpukat mempunyai khasiat atau kegunaan yang tidak kalah penting dibandingkan dengan daging buahnya.  Biasanya biji buah alpukat hanya kita buang begitu saja bila daging buahnya telah kita ambil atau konsumsi. Adapun kandungan yang terdapat pada biji buah alpukat antara lain terdapat serat yang cukup besar yang sangat berguna untuk mengurangi kolesterol.  Kandungan Anti Oksidan sebesar 70 % sangat bermanfaat sekali sebagai perawatan kulit.  Selain itu biji buah alpukat juga mengandung Potasium sejenis nutrisi yang sangat berguna untuk menjaga tekanan darah dalam tubuh.

       Selain ketiga manfaat di atas ada beberapa manfaat lain yang masih bisa kita peroleh dari biji buah alpukat untuk mengatasi penyakit :

1.  Sakit Maag
     Mengkonsumsi biji buah alpukat baik dalam bentuk basah ataupun dikeringkan secara rutin dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pengobatan untuk mengatasi sakit maag.

2.  Mengatasi kulit kering.
    Penggunaan bubuk dari biji buah alpukat sebagai perawatan untuk kulit seperti masker dapat mengatasi kulit kering.

3.  Mengurangi Ketombe
     Biji buah alpukat yang telah dilembutkan dapat dipakai untuk keramas dan biarkan beberapa saat untuk mengurangi ketombe pada kulit kepala.

    Penggunaan biji buah alpukat untuk obat akan semakin baik bila dikonsumsi atau dipakai secara rutin, namun perlu diingat bila berlebihan tetap akan menimbulkan efek samping yang tidak baik, diantaranya menimbulkan alergi dan iritasi pencernaan.  Intinya apapun itu bila digunakan secara berlebihan tidak akan baik.  Pemakaian biji buah alpukat sebagai alternatif obat hanya bagian dari ikhtiar.  Hal yang paling penting adalah tetap berdo'a dan berserah diri.