Ciplukan, si "Liar" yang berkhasiat

Ciplukan, si "Liar" yang berkhasiat

Ciplukan sebenarnya adalah tanaman liar yang biasanya tumbuh di sekitar lingkungan kita, baik di halaman, pekarangan, ladang atau di pinggir-pinggir jalan. Bagi anak-anak era 90-an pasti sangat mengenal tanaman ini. Ciplukan bisa didapatkan dengan mudah dan gratis. 

Ciplukan (Physalis angulata L) merupakan tanam semak yang memiliki banyak cabang, berdaun kecil dan memiliki buah kecil-kecil berwarna hijau pada waktu masih muda dan berwarna kekuningan ketika sudah tua atau masak. Seluruh bagian tanaman ini berkhasiat bagi kesehatan, baik batang, akar, daun dan buahnya.

Tanaman Ciplukan (Physalis angulata L)
Daun Ciplukan mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga dipercaya mampu mencegah beberapa penyakit. Berikut adalah beberapa manfaat dari tanaman ciplukan, diantaranya yaitu :

1. Mengobati Diabetes atau Kencing Manis
Untuk mengobati diabetes atau kencing manis caranya yaitu dengan merebus batang dan akar dari tanaman ciplukan kemudian minum air rebusan tanaman ciplukan tersebut sehari tiga kali.

2. Menurunkan Kolesterol
Kolesterol yang tinggi merupakan penyebab terjadinya penyakit jantung dan stroke. Dengan mengkonsumsi buah ciplukan ini dapat menurunkan kolesterol yang ada dalam tubuh.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Penyakit darah tinggi merupakan penyakit yang sangat di takuti, karena penyakit ini bisa menyebabkan kematian. Untuk menurunkan darah tinggi, selain dengan obat dan olah raga juga dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan. Alternatif lain yang cukup murah untuk menurunkan tekanan darah tinggi yaitu dengan tanaman Ciplukan. Caranya yaitu dengan merebus seluruh batang dan akar tanaman ciplukan, minum air rebusan ciplukan tiap pagi dan sore.

4. Mengobati penyakit gagal ginjal
Orang yang terkena penyakit gagal ginjal harus rutin melakukan cuci darah, karena ginjal sudah tidak berfungsi dengan baik. Atau dipasang alat yang sangat mahal yang berfungsi sebagai pengganti fungsi ginjal dan harus mengganti cairan 2 kali atau tiga kali sehari, tentu hal ini sangat merepotkan. Cara ini bisa dicoba untuk mengatasi penyakit ginjal, yaitu dengan merebus tanaman ciplukan yang dicampur sambiloto. Saring air rebusan tersebut dan minum sewaktu masih hangat sehari dua atau tiga kali. Gunakan wadah dari tanah liat untuk merebus obat herbal. 

Itulah beberapa manfaat dari tanaman Ciplukan. Share artikel ini agar bermanfaat bagi orang lain. Terima kasih.