Encok Obati Dengan Jahe Pasti Manjur

Encok Obati Dengan Jahe Pasti Manjur

TANAMAN- Manfaat tanaman jahe obat encok, tanaman jahe merupakan tanaman yang berbatang semu dengan pohon memiliki ketinggian mencapai 2 m dan memiliki rimpang yang bercabang-cabang. apabila dicium, maka akan keluar aroma yang khas dan apabila dimakan akan terasa pedas.

Tanaman jahe bisa ditanam dipekarangan rumah atau tumbuh liar dihutan dengan ketinggian tanah mencapai 1.000 m diatas permukaan laut. perkembangbiakkan tanaman jahe menggunakan rimpang yang bertunas.

Tanaman jahe ada beberapa jenisnya ada jahe merah, jahe emprit, dan jahe gajah, didalam tanaman jahe terdapat zat-zat seperti neral, geraniol, sineol, beta mirsena, kamfena, L-linalool, L-borneol, sitral dan kurkumen. Rasa yang sangat pedas dan aroma tajam pada jahe merah disebabkan oleh adanya senyawa kimia berupa gingerol. Sedangkan secara kenampakan, aroma jahe disebabkan oleh kandungan atsiri yang umumnya berwarna kuning dan sedikit kental. Secara umum, komponen yang terdapat pada rimpang jahe adalah minyak yang mudah menguap (volatile oil), minyak tidak menguap (nonvolatile oil), dan pati. Selain itu juga mengandung senyawa-senyawa kimia berupa gingerol, 1,8-cineole, 10-dehydro-gingerdione, 6-gingerdione, arginine, a-linolenic acid, aspartic, β-sitosterol, caprylic acid, capsaicin, chlorogenic acid, farnesal, farnesene, farnesol, dan unsur pati seperti tepung kanji serta serat-serat resin dalam jumlah sedikit.

Manfaat tanaman jahe untuk obat encok, batuk pilek dan pegal linu, untuk cara penyajiannya atau pembuatannya silahkan simak dibawah ini:

OBAT ENCOK
CARA : Jahe dua jari dan lima siung bawang merah digiling kemudian ditambahkan dengan tepung terigu dan air secukupnya gosokkan pada bagian badan yang sakit sesuai dengan kebutuhan.

PEGAL LINU
CARA : Jahe dua jari dicuci dan digiling, kemudian balurkan pada bagian yang terasa pegal, balut dengan kain.

BATUK PILEK
CARA : Jahe satu jari ditumbuk dan direbus dengan dua gelas air. saring air tersebut dan minum air rebusan tersebut tiga kali sehari.

Diatas adalah cara mengobati dengan tanaman jahe. semoga bisa bermanfaat dan dapat sembuh dari penyakit yang diderita. adapun khasiat lainnya dari jahe adalah sebagai berikut ini :

1. Menurunkan tekanan darah. Hal ini karena jahe merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah, akibatnya darah mengalir lebih cepat dan lancar dan memperingan kerja jantung memompa darah.
2. Membantu pencernaan, karena jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease dan lipase, yang masing-masing mencerna protein dan lemak.
3. Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah. Jadi mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke, dan serangan jantung. Gingerol juga diduga membantu menurunkan kadar kolesterol.
4. Mencegah mual, karena jahe mampu memblok serotonin, yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabkan perut berkontraksi, sehingga timbul rasa mual. Termasuk mual akibat mabok perjalanan.
5. Membuat lambung menjadi nyaman, meringankan kram perut dan membantu mengeluarkan angin.
6. Jahe juga mengandung antioksidan yang membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.

Demikian adalah manfaat dari tanaman jahe selain untuk mengobati encok, terima kasih sudah berkunjung, untuk saran dan kritik saya persilahkan, karena saran dan kritik sangat saya butuhkan untuk membangun blog dan artikel untuk lebih baik lagi. mohon untuk di share.