Serai Obat Terkilir

Serai Obat Terkilir

TANAMAN- Manfaat beragam tanaman serai obat wanita hamil muda, tanaman serai adalah tanaman semak yang biasa tumbuh liar. berbentuk seperti alang-alang, dengan daun berbentuk pita, memiliki bulu kasar pada permukaan helai daun. tidak mempunyai bunga. tumbuhan ini memiliki bau yang khas sehingga sering dimanfaatkan sebagai bumbu masakan terutama pada pangkal batang. perkembangbiakkan tanaman serai menggunakan metode rhizoma atau akar tinggal.

Kandungan kimia dalam tanaman serai adalah minyak atsiri dengan komponen sitronelal 32-45%, geraniol 12-18%, sitronelol 11-15%, geranil asetat 3-8%, sitronelil asetat 2-4%, sitral, kavikol, augenol, elemol, kadonon, kadinen, vanilin, limonen, kamfen. Minyak serai mengandung 3 komponen utama yaitu sitronelal, sitronelol, geraniol. Minyak serai memiliki aroma khas lemon, karena roma tersebut adalah sebuah senyawa bergugus fungsi aldehid, yakni sitral sebagai senyawa utama minyak.


Manfaat dari tanaman serai adalah untuk kesehatan dapat mengobati terkilir, tifus, dan wanita hamil muda. caranya bisa disimak dibawah ini:

OBAT TERKILIR
CARA : Serai dipukul-pukul hingga remuk bagian luarnya. serai tersebut dimasukkan kedalam sebuah kaleng dan ditambah sedikit air. kemudian direbus hingga mendidih. setelah hangat-hangat kuku, oleskan pada bagian badan yang terkilir. sisa air tidak terpakai dikompreskan pada bagian yang terkilir kemudian dibalut dengan kain bersih.

OBAT TIFUS
CARA : Serai , kunyit, dan daun sambiloto ditumbuk kemudian ditambah segelas air, kemudian masak dan saring. air hasil saringan tersebut kemudian diminum.

WANITA HAMIL MUDA
CARA : Potong serai kira-kira sebesar kelingking, kayu manis, biji cengkih, dan gula putih secukupnya. masukkan semua bahan dalam satu gelas, tuang air mendidih lalu aduk hingga rata. setelah dingin minum larutan tersebut menjelang tidur.

Adapun khasiat serai lainnya untuk mengobati mencegah kanker, detoksifikasi, obat gangguan pencernaan, sebagai analgesik, menurunkan tekanan darah, manfaat pada sistem saraf, kesehatan wanita, dan membuat kulit lebih indah.

Demikian adalah manfaat tanaman serai untuk kesehatan dan pengobatan serta kecantikan, untuk saran dan kritik saya persilahkan. terima kasih sudah berkunjung, mohon untuk dishare artikel ini semoga bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan.