Ciplukan Obat Sawan

Ciplukan Obat Sawan

BUAH- Manfaat beragam buah ciplukan sebagai obat sawan, mungkin untuk sebagian orang buah ini terdengar asing bagi orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan, karena pohon ciplukan ini tumbuh di daerah yang masih segar dan alami, buah ini sering tumbuh diperkarangan rumah yang masih asri seperti didesa yang masih banyak pepohonan belum ramai seperti diperkotaan.

Jadi terigat masa-masa saat kecil dulu, buah ini sering sekali saya dan teman-teman cari karena rasa yang manis dan agak sedikit asam, buah ciplukan ini berbentuk bulat kecil dan ada pembungkusnya, ciri-ciri matang buah ciplukan ini kulit pembungkus buah akan berwarna kuning dan buahnya juga berwarna kuning. jika kebanyakan memakan buah ini mungkin akan terasa eneg di perut, itu yang saya rasakan karena kebanyakan makan buah ciplukan dulu.

Buah ciplukan ini memiliki berbagai macam vitamin seperti vitamin c, kandungan alkaloid, kandungan kriptoxantin, dan kandungan gula. Secara garis besar tanaman ciplukan ini memiliki peran sebagai tanaman yang memiliki fungsi antibakteri, anti aflamasi, analgesik, imunosupresan, antioksidan, sitotoksik, meredakan batuk, antivirus, menetralkan racun dan anti hiperglikemi. 


Cara mengobati sawan menggunkan pohon ciplukan mulai dari akar sampai buahnya berikut penjelasannya dibawah ini :

SEDIAKAN POHON CIPLUKAN
Langkah pertama adalah sediakan pohon ciplukan dari akar sampai buahnya, silahkan sediakan lima sampai 6 batang pohon ciplukan kemudian cuci sampai bersih dari akar batang sampai buah.

TAKARAN AIR 
Untuk takaran airnya sediakan satu panci kecil atau sedang saja jangan terlalu besar, karena ini bukan di minum airnya melainkan untuk mandi agar sawan cepat hilang dan sembuh.

PROSESNYA
Untuk prosesnya jika sudah siap semua, maka langkah selanjutnya yaitu masukkan pohon ciplukan dari akar, batang dan buah ke dalam panci yang sudah disiapkan terlebih dahulu kemudian rebus sampai mendidih, setelah mendidih angkat dan dicampurkan dengan air dingin untuk mandi.

Buah ciplukan yang kecil dan tidak tinggi ini ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan salah satunya untuk mengobati sawan, dan masih banyak lainnya yang bisa disembuhkan dengan buah ciplukan seperti untuk mengobati orang yang terkena influenza, sakit tenggorokan, bisul, gondongan, sakit paru-paru, sakit bronchitis, borok, bisul.

Demikian adalah beragam manfaat dari buah ciplukan, terutama untuk mengobati sawan, terima kasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat, untuk kritik dan saran silahkan tinggalkan dikolom komentar dan terima kasih sudah berkunjung, mohon untuk dishare ke yang lain.