Manfaat Kangkung untuk Kesehatan

Manfaat Kangkung untuk Kesehatan

TANAMAN- manfaat tanaman kangkung obat sembelit. kangkung adalah tanaman air yang memiliki batang lunak dengan lubang di tengahnya.tinggi tanaman ini berkisar 0,5 cm dan dapat tumbuh di daerah yang digenangi air. kangkung biasa diolah sebagai bahan makanan yang memiliki kandungan vitamin yang tinggi.

Buah kangkung berbentuk bulat telur yang didalamnya berisi tiga butir biji. Bentuk buah kangkung seperti melekat dengan bijinya. Warna buah hitam jika sudah tua dan hijau ketika muda. Buah kangkung berukuran kecil sekitar 10 mm, dan umur buah kangkung tidak lama. Bentuk biji kangkung bersegi-segi atau tegak bulat. Berwarna cokelat atau kehitam-hitaman, dan termasuk biji berkeping dua. Pada jenis kangkung darat biji kangkung berfungsi sebagai alat perbanyakan tanaman secara generative.

Kandungan kimia pada tanaman kangkung adalah Air, 91.2 g, Energi, 28 kcal , Energi, 117 kj, Protein, 1.9 g, Total lemak, 0.4 g , Karbohidrat, 5.63 g, Serat, 2 g, Mineral : Kalsium, Ca, 72 mg , Besi, Fe, 0.9 mg , Magnesium, Mg, 18 mg, Phospor, P, 28 mg, Potassium, K, 228 mg, Sodium, Na, 23 mg , Seng, Zn, 0.24 mg, Tembaga, Cu, 0.156 mg , Mangan, Mn, 0.416 mg, Selenium, Se, 0.9 mcg.


Mitos yang menyatakan kangkung merupakan sayuran yang dapat menyebabkan kantuk sebenarnya terlalu berlebihan. Saat ini belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan kangkung dapat menyebabkan kantuk. Kenyataan yang ada, kandungan zat besi yang tinggi pada kangkung dapat membuat konsentrasi otak menjadi meningkat. Zat besi merupakan komponen terpenting dalam pembuatan sel-sel darah merah. Dengan meningkatnya produksi sel-sel darah merah, aliran oksigen ke seluruh tubuh, terutama ke otak, ikut meningkat sehingga membuat tubuh menjadi lebih segar dan bugar.

Kangkung memang mengandung komponen kimia yang bersifat sedative (penenang). Komponen tersebut dapat membuat pikiran orang yang mengonsumsinya menjadi tenang, sehingga berpotensi mudah untuk ngantuk. Tetapi hal tersebut tidak dapat menjadi acuan untuk membuktikan kangkung merupakan obat tidur yang baik karena respon seseorang terhadap zat sedatif tersebut berbeda-beda. Seseorang bisa saja mudah ngantuk dengan mengonsumsi lima sendok makan kangkung. 

Tetapi orang lain masih bisa tetap bugar setelah mengonsumsi sepiring cah kangkung. Sebenarnya hampir semua lauk yang kita makan mengandung komponen gizi yang berpotensi membuat kita mudah ngantuk dan tertidur. Terutama makanan yang kaya akan vitamin B kompleks, kalsium, selenium, asam lemak omega-3, seng, dan magnesium. Berbagai macam jeroan, kacang-kacangan, kerang, telur, dan susu dapat menjadi faktor utama penyebab ngantuk. Makanan yang kaya akan asam folat seperti asparagus, brokoli, kembang kol, dan bit juga memiliki potensi untuk membuat orang tertidur tenang.

Adapun manfaat tanaman kangkung untuk kesehatan adalah dapat mengobati penyakit seperti sembelit, kepala pusing, dan busung lapar. untukk penjelasannya silahkan simak dibawah ini :

OBAT BUSUNG LAPAR
CARA : Ambil daun kangkung hutan 1/2 kg genggam, cuci bersih lalu dijemur, dimakan bersama-sama dengan nasi. lakukan 2 kali sehari.

OBAT KEPALA PUSING
CARA : Ambil daun kangkung 1/2 genggam, daun kelintang 1/3 genggam, batang kemorong satu jari dicuci bersih, lalu ditumbuk halus dan diberi air masak 1 cangkir, kemudian peras dan saring. diminum 1 kali sehari.

OBAT SEMBELIT 
CARA : Ambil daun kangkung 1/2 genggam, cuci bersih, dan kukus sebentar, kemudian dimakan bersama-sama dengan nasi. lakukan 2 kali sehari.

Manfaat lainnya tanaman kangkung untuk kesehatan dapat mengobati mengurangi haid, urat saraf lemah, melancarkan air seni, susah tidur, sembelit, bisul, frambusia, cacar air, ambeien, pusing sebelah, sariawan, sakit gigi, mimisan, dan ketombe. untuk penjelasannya silahkan simak dibawah ini :

MENGURANGI HAID
CARA : Ambil sekira 50 gram daun kangkung segar, beri sedikit air. Lalu, tumbuk dan saring. Tambahkan satu sendok makan madu. Minum sehari sekali dan ulangi selama enam hari berturut-turut sampai sembuh.

MENGOBATI URAT SARAF LEMAH (neurasthenia). 
CARA : Siapkan sepertiga genggam daun kangkung, seperempat genggam batang kangkung, dan seperempat akar kangkung. Setelah dicuci, tumbuk hingga halus. Tambahkan setengah cangkir air matang dan satu sendok makan madu. Kemudian peras dan saring. Minum tiga kali sehari.

MENGOBATI BISUL
CARA : Cuci 20 lembar daun kangkung, lalu giling halus. Beri air garam secukupnya, kompreskan pada bisul, lalu balut. Lakukan dua kali sehari.

MENGOBATI CACAR AIR
CARA : Cuci bersih setengah genggam akar kangkung, rebus dengan dua gelas air hingga menjadi tiga perempat. Setelah dingin, saring lalu minum dua kali sehari sebanyak tiga perempat gelas.

MENGOBATI FRAMBUSIA (patek)
CARA : Cuci bersih tiga perempat genggam akar kangung, lalu rebus dengan tiga gelas air, biarkan mendidih hingga tinggal tiga perempat bagian. Setelah dingin, saring dan minum 3 kali sehari sebanyak tiga perempat gelas.

MENGOBATI SUSAH TIDURCARA : Sediakan satu genggam batang dan daun kangkung, lalu tumis. Makan tumis bersama-sama nasi. Lakukan dua hari sekali.

MENGOBATI MEMPERLANCAR AIR SENI
CARA : Siapkan segenggam akar kangkung, cuci bersih, dan rebus dalam dua gelas air hingga tinggal separuhnya. Setelah dingin, saring dan minum sekali dalam sehari.

MENGOBATI AMBEIEN
CARA : Ambil 3 genggam akar kangkung, cuci, lalu rebus dengan tiga gelas air hingga tinggal separuhnya. Setelah dingin, saring dan minum dua kali sehari sebanyak tiga perempat gelas.

MENGOBATI PUSING SEBELAH
CARA : Tumbuk segenggam daun kangkung hingga halus. Tambahkan air secukupnya ditambah sedikit garam, lalu disaring. Tambahkan madu. Minum satu kali sehari sekaligus.

MENGOBATI KETOMBEAN
CARA : Ambil daun kangkung secukupnya, rendam dalam air semalaman hingga airnya tampak kebiruan. Air inilah yang digunakan untuk keramas.

MENGOBATI SAKIT GIGI
CARA : Ambil segenggam akar kangkung, lalu tambahkan setengah sendok teh cuka dan rebus dengan segelas air. Setelah dingin, saring dan gunakan airnya untuk berkumur.

MENGOBATI SARIAWAN
CARA : Cuci daun kangkung secukupnya, lumatkan, dan tambahkan segelas air plus sedikit garam. Peras dan saring, lalu pakailah air perasan untuk berkumur.

MENGOBATI MIMISAN
CARA : Ambil seikat kecil daun kangkung segar, cuci bersih, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit gula, lalu seduh dengan air panas. Setelah dingin, saring dan minum dua kali sehari.

Demikian adalah manfaat tanaman kangkung bagi kesehatan. terima kasih sudah berkunjung, mohon dishare artikel ini, agar berguna bagi yang membutuhkan pengobatan secara alami.