Legetan Obat Sariawan

Legetan Obat Sariawan

TANAMAN- khasiat tanaman legetan obat sariawan. assalamualikum, halo sahabat blogger dimanapun berada atau yang sedang membaca artikel ini, semoga sehat selalu dan dalam lindungannya. kali ini nilam akan membahas tanaman obat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, oya bunda ini bisa menjadi alternatif pengganti obat kimia. sangat penting bunda untuk mengetahui tanaman obat, agar dapat memanfaatkaanya dalam keadaan yang terdesak. lagi pula tanaman obat tidak memiliki efek samping seperti obat yang sudah melalui proses kimia. 

Ok bunda, mari kita melihat sekeliling halaman atau perkarangan rumah yang masih tanah tentunya. disana mungkin banyak sekali tanaman atau rumput yang tumbuh secara bebas. mungkin salah satunya adalah legetan. tanaman legetan atau jotang merupakan sejenis tanaman berusia setahun yang mempunyai banyak cabang, tumbuhnya tegak atau merayap dengan akar-akarnya yang keluar dari ruas-ruas batang. jika bunda mematahkan batang tanaman legetan, maka akan tercium aroma atau bau wangi. itulah tumbuhan legetan atau jotang. tanaman legetan memiliki nama latin spilanthes iabadicensis a. h moore. untuk menemukan tanaman jotang di ladang-ladang atau tebing-tebing saluran air di persawahan dan di tempat-tempat bertanah lembab.

Tanaman ini memiliki daun saling berhadapan, berbentuk lonjong dan menyempit kearah pangkalnya dengan gerigi datar pada kedua sisinya. tanaman bunga ini kecil-kecil, banyak dan berwarna kuning. buahnya berbelah dan berbentuk jorong dan berwarna hitam berisi banyak biji. tumbuhan ini mudah diperbanyak melalui biji dengan cara penyemaian. dari tumbuhan yang bernaman legetan, bunganya dari tanaman legetan sering digunakan orang untuk mengobati sariawan.

Demikian bunda dan sahabat blogger lainnya manfaat dan khasiat tanaman legetan atau jotang untuk kesehatan mengobati sariawan. mohon di share artikel ini agar dapat bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan. terima kasih sudah berkunjung, kritik dan saran saya persilahkan.