Lempuyang Obati Penyakit TBC

Lempuyang Obati Penyakit TBC

TANAMAN- Manfaat beragam tanaman lempuyang obat TBC, tanaman lempuyang merupakan tanaman berbatang semu dengan ketinggian mencapai 1 m dan mempunyai daun berwarna hijau yang berbentuk lanset dengan permukaan daun bagian atas berbulu. tanaman lempuyang memiliki bunga muncul dari permukaan tanah berwarna kuning hingga merah yang dilengkapi dengan daun pelindung.

Tanaman lempuyang ini dapat tumbuh didaerah tropis sebagai tanaman liar. perkembangbiakan tanaman lengkuas dengan menggunakan metode rimpang yang tua dan bertunas.

Kandungan kimia yang terdapat dalam tanaman lempuyang adalah seperti minyak asiri berupa limonene, pinen, kamfer, sineol dan zat zerumbon (zat antikejang). Selain itu, rimpang lempuyang mengandung flavonoid dan saponin.


OBAT TBC
CARA : Ambil satu akar lempuyang kemudian cuci, terus potong-potong, dan direbus dengan 5 gelas air hingga air menjadi setengahnya, lalu minum 2 kali sehari 3/4 gelas untuk menambah darah.

OBAT MALARIA
CARA : Ambil satu jari lempuyang kemudian haluskan dan diberi air 1 cangkir perasan nanas, beri garam secukupnya, dan minum 2 kali sehari 1/2 gelas untuk menambah daya tahan tubuh.

OBAT KURANG DARAH
CARA : Lempuyang dan kunyit setelah dicuci kemudian diparut, lalu dibubuhi gula jawa dan diperas. rebus dengan menggunakan air sebanyak tiga gelas. biarkan mendidih sampai air tinggal satu gelas. setelah dingin minumlah sampai habis ketika akan tidur. ulangi hal ini sampai beberapa kali.

Adapun manfaat lain dari lempuyang bagi kesehatan yaitu dapat mengobati menambah nafsu makan, alergi, rematik di kaki, batuk rejan, dan kaki encok. 

Demikian manfaat beragam dari tanaman lempuyang untuk kesehatan, terima kasih sudah berkunjung. kritik dan saran saya persilahkan, mohon untuk dishare. semoga bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan obat herbal alami dari alam.