Ciri-Ciri Wanita Bugis

Ciri-Ciri Wanita Bugis

WANITA - ciri-ciri wanita bugis. assalamualaikum wr wb, di hari senin yang cerah ini semoga puasa bisa lancar dan tanpa halangan sedikitpun. indonesia adalah negara maritim yang memiliki  banyak sekali pulau, hal ini tentu juga termasuk penduduk indonesia yang memiliki banyak suku dan budaya, tidak dipungkiri keberagaman inilah yang membuat indonesia menjadi negara yang solid karena bisa menjaga persaudaraan antar suku di indonesia tercinta ini.

Kemarin saya membahas tentang suku toraja yang berada di sulawesi, nah sekarang saya juga akan memabahas suku sulawesi juga tetapi berbeda suku, karena setiap wilayah atau pulau memiliki beberpaa suku yang mendiami. suku di sulawesi tepatnya di sulawesi selatan ini yaitu suku bugis. perbedaannya hanya suku toraja itu tinggal di daerah pegunungan.

Orang-orang suku bugis memiliki watak atau karakter sama halnya dengan suku lainnya yang membedakanya mungkin hanya adat istiadatnya saja untuk lebih jelasnya sifat dan karakter suku bugis silahkan simak dibawah ini.

1. Malempu : secara harfiah berarti lurus. Dalam artian, berpikir benar, berkata benar (=jujur) dan berbuat benar. Jadi Malempu bermakna lebih luas daripada kejujuran. Orang yang malempu senantiasa menghindarkan dirinya dari mengambil hak orang lain atau mendapatkan sesuatu dengan cara curang (=maceko). Orang yang malempu senantiasa akan menjaga hak-haknya maupun hak orang lain.

2. Manyameng kininnawa : secara harfiah berarti nikmat pikirannya, ceria, bahagia atau berpikir positif. Orang yang manyameng kininnawa selalu menghindarkan diri dari berprasangka buruk terhadap orang lain. Jika ia mendapat masalah, ia berusaha menutupi kegundahannya dan menyelesaikan masalahnya sendiri. Ia selalu merasa tidak enak jika memberatkan orang lain. Orang yang manyameng kininnawa juga senang menyelingi humor dalam interaksinya dengan orang lain sehingga ia menebar kebahagiaan atau keceriaan dalam hatinya kepada sesamanya.

3. Malabo : Labo berarti dermawan. Tentang hal ini ada adagium bugis mengatakan aja mumaleo naburuki labo natunai sekke : Janganlah anda ingin dihancurkan oleh kedermawanan dan dihinakan oleh kekikiran. Dermawan dalam kacamatan manajemen disini berarti selalu ada alokasi anggaran untuk membantu sesama namun nominal bantuan itu tidak menghabiskan modal. Misalnya dalam bisnis, seorang pedagang tidak akan menyumbang sebelum ia mengkalkulasi berapa keuntungannya dalam hari itu. Kemudian setelah ia mendapat keuntungan, maka ia akan mengalokasikan untuk membantu sesamanya. Adagium diatas memberikan kita pandangan yang realistis dalam aktifitas ekonomi tanpa harus kehilangan nilai-nilai kemanusiaan.

4. Macca : Acca berarti pintar. Disebutkan bahwa orang yang pandai adalah mampu melihat sebab-sebab terjadinya sesuatu, memahami proses terjadinya sesuatu dan akibat dari sesuatu. Orang yang Macca sangat disenangi karena kemampuannya mengurai dan memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada. Macca juga berasosiasi makna pada keahlian diplomatis yaitu kemampuan menjawab persoalan politis pada level yang lebih tinggi. Pada zaman dahulu, Macca adalah salah satu syarat untuk terpilih menjadi raja. Biasanya pula para Raja dizaman dahulu didampingi oleh penasehat yang tergolong cendekia seperti To Ciung Maccae ri Luwu, Nene Mallomo, Botolempangan, Nene Pasiru dan Kajao Laliddong.

Nah tadi mas genli sudah menjelaskan mengenai sifat dan karakter suku bugis, tidak afdol jika berkunjung ke tanah makassar tidak mencicipi kuliner khas suku bugis, apa itu kuliner suku bugis ? hayo siapa yang tahu pasti udah pada tahu semuanya bukan ya betul kuliner khas suku bugis adalah puding pisang barongko, sinonggi, pisang epek, sate pokea dan Doko-doko. kelima kuliner khas suku bugis itu wajib anda coba jika berkunjung ke suku bugis lebih tepanya ke makassar.

mas genli sudah menjelaskan kuliner khas suku bugis, kini mas genli akan menjabarkan wanita suku bugis, pasti pada penasaran bukan ? bagaimana wanita suku bugis mulai dari sifat dan karakter wanitanya dan ciri-ciri wanita suku bugis. watak wanita bugis cenderung memiliki sifat keras, sekeras-kerasnya watak wanita tetap saja dia perempuan yang masih mempunyai sisi lembut, nah untuk ciri-ciri wanita bugis silahkan simak dibawah ini :

  • wanita bugis memiliki watak yang keras.
  • wanita bugis memiliki kulit putih bersih.
  • warna rambut hitam.
  • memiliki hidung pesek dan ada juga yang mancung.
  • suka bekerja keras.
  • memiliki tata krama dan sopan santun yang tinggi.
  • setia pada pasangannya.
  • dll
Itu adalah gambaran umum saja mengenai sifat dan karakter serta ciri wanita bugis. mohon maaf jika ada kata-kata yang salah dalam penulisan. untuk menambahkan pendapat silahkan tinggalkan di kolom komentar. mohon untuk share artikel ini agar dapat bermanfaat bagi orang lain. mas genli ucapkan wassalamualaikum wr wb.