Manfaat Tanaman Tapak Liman

Manfaat Tanaman Tapak Liman

Manfaat Tanaman Tapak Liman

TANAMAN- manfaat tanaman tapak liman untuk kesehatan. tanama ini tumbuh di perkarangan rumah, terkadang kita tidak tahu, ada tanaman yang bisa berguna untuk kesehatan. dengan ketidaktahuan membuat kita kurang informasi tanaman herbal. padahal kalau anda cermati disekeliling perkarangan rumah pasti banyak tanaman yang berguna untuk kesehatan. karena tanaman tapak liman adalah tanaman yang dinggap orang sperti rumput dan tidak berguna, akan tetapi bagi orang yang mengetahui khasiat tapak liman untuk kesehatan, pasti sangat berguna untuk tanaman herbal.

Tanaman tapak liman (elephanthopus scaber ) mempunyai daun mirip daun lobak, tapi agak kaku. daun tumbuhan tapak liman berbulu kasar dan bertangkaidaun bundar memanjang dengan kedua sisinya bergelombang. letak tumbuh daunnya hampir rata dengan permukaan tanah. tangkai bunganya berdiri tegak, bergagang panjang dan bercabang, bunganya tunggal dan berwarna ungu, serta daun mahkota berbentuk bintang tiga.
Manfaat tanaman liman untuk kesehatan, pada orang jaman dahulu tapak liman untuk obat lesu darah, yaitu daun tapak liman berkhasiat untuk mengobati orang yang terkena lesu darah. gejala orang yang terkena lesu darah adalah jika berdiri setelah lama jongkok , pandangan suka berkunang-kunang.

Orang-orang tua dahulu biasanya menggunakan ramuan ini dengan cara memetik beberapa helai daunnya, lalu cuci bersih, kemudian direbus dengan air 3 gelas dan tunggu sampai menjadi 2 gelas. setelah air godokan itu dingin, disaring dan diminum sebagai obat penambah darah, diminum dua kali sehari , pagi dan sore hari setelah makan.

Demikian manfaat dari tanaman tapak liman bagi kesehatan. mohon untuk share artikel ini agar dapat bermanfaat untuk orang lain yang membutuhkan informasi tanaman obat. terima kasih sudah berkunjung.