Bawang Merah mengobati Flu dan Anak Panas

Bawang Merah mengobati Flu dan Anak Panas

Bawang Merah adalah jenis tanaman yang lebih dikenal sebagai bumbu masak. Bawang Merah dengan nama latin Allium Cepa L atau orang juga menyebutnya dengan Union Red memang sering kita jumpai di dapur sebagai bumbu masakan. 

Mungkin ada yang belum mengetahui bahwa selain sebagai bumbu masakan Bawang Merah juga bisa dimanfaatkan untuk pengobatan herba, yaitu untuk mencegah dan mengatasi Flu, Batuk, Pilek dan Demam atau panas pada Anak dan Balita.

Bawang Merah


Senyawa Sulfur pada bawang merah dapat mengatasi gangguan saluran pernafasan, sehingga dapat melegakan tenggorokan dan mengencerkan dahak orang yang terkena flu yang disertai batuk. Senyawa yang terkandung dalam Bawang Merah juga dapat menambah daya tahan tubuh serta dapat menetralkan racun di dalam tubuh.

Berikut adalah cara memanfaatkan Bawang Merah untuk pengobatan herba, yaitu :

1. Mencegah Flu
Untuk pencegahan Flu letakkan irisan Bawang Merah disudut ruangan atau di dalam kamar. Irisan bawang merah tersebut dapat menyerap virus dan bakteri yang bisa menyebabkan flu.

2. Mengobati Flu dan Batuk Pilek pada anak dan Balita
Bawang Merah juga dapat dimanfaatkan untuk Mengobati Flu dan Batuk Pilek pada anak dan Balita, yaitu dengan mencincang bawang merah yang dicampur dengan kapulaga yang ditumbuk kemudian di tempelkan di bagian ubun-ubun bayi atau balita. Namun usahan agar tidak terkena mata karena menyebabkan mata perih.

3. Mengatasi Demam dan panas 
Untuk mengatasi demam dan panas pada anak, iris tipis bawang merah kemudian campur dengan minyak telon atau minyak kayu putih lalu balurkan ke tubuh bayi dan balita, terutama bagian bawah ketiak dan telapak kaki anak-anak. Hindari untuk bagian muka agar tidak mengenai mata.

4. Menjaga daya tahan tubuh dan menetralkan racun dalam tubuh
Untuk Menjaga daya tahan tubuh dan menetralkan racun dalam tubuh, Iris tipis dan mendatar bawang merah, tempelkan merata pada telapak kaki. Telapak kaki dipercaya memiliki saraf penghubung ke berbagai organ dalam tubuh sehingga dipercaya dapat memberikan manfaat yang optimal.
sebaiknya cara ini dilakukan sebelum tidur dan gunakan kaos kaki agar irisan bawang merah dapat menempel dan tak mudah lepas.

Itulah beberapa manfaat lain dari Bawang Merah selain sebagai bumbu masakan, silahkan Share artikel ini jika memang bermanfaat. Terima kasih