Khasiat Serai atau Sereh bagi Kesehatan

Khasiat Serai atau Sereh bagi Kesehatan

Tanaman Serai atau Sereh merupakan jenis tanaman rerumputan. Tanaman ini tumbuh bergerombol dan memiliki daun yang panjang dan tajam di sisi daunnya. Tanaman ini biasa digunakan sebagai bumbu dalam masakan. Sereh sebenarnya tidak memiliki rasa yang khas, yang dimanfaatkan adalah aromanya dalam masakan. Sereh memang memiliki aroma yang dapat menambah citarasa dalam masakan ketika batang sereh dimemarkan.

Tanaman Serai atau Sereh


Tumbuhan Sereh mengandung minyak atsiri yang dapat diperoleh dengan menyuling tumbuhan tersebut. Minyak sereh dapat digunakan untuk mengusir nyamuk karena nyamuk tidak menyukai aroma sereh. Penggunaan serai untuk menolak nyamuk tidak bisa cuma di geprek saja atau cuma di kibas-kibaskan saja, tetapi minyak serai yang didapat dari hasil penayulingan yang bisa digunakan untuk menolak nyamuk. Fungsi lain dari minyak sereh yaitu dapat meredakan perut kembung dengan dioleskan ke bagian perut. Minyak sereh juga dapat digunakan sebagai obat gososk untuk mengurangi rasa capek atau pegal pada tangan dan kaki.

Tanaman serai juga dapat digunakan untuk relaksasi tubuh dan mengurangi stres serta membantu melancarkan peredaran darah, caranya yaitu dengan mandi air hangat dari rebusan batang serai. Beberapa batang serai direbus hingga mendidih, campurkan dengan air bersih dan gunakan untuk mandi.

Serai yang dikombinasikan dengan jahe dapat menjadi minuman yang berkhasiat untuk membanu menurunkan berat badan. Caranya yaitu dengan merebus batang serai yang dicampurkan dengan Jahe dan kayu manis atau gula merah. Jahe dapat mengurangi nafsu makan sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Air rebusan batang Serai yang dicampur dengan Lemon juga berkhasiat untuk membersihkan racun dalam tubuh, dan juga dapat membersihkan dan menyehatkan organ hati dan ginjal. Pengeluaran racun dari dalam tubuh dapat melalui proses urinisasi dan proses keringat.

Itulah beberapa manfaat dari batang Serai atau Sereh, dan masih banyak lagi manfaat dari Serai lainnya. Semoga bermanfaat.