Belimbing Wuluh, Khasiatnya tak se-masam rasanya

Belimbing Wuluh, Khasiatnya tak se-masam rasanya

Belimbing  wuluh  merupakan  salah  satu  spesies  dalam  keluarga belimbing (Averrhoa). Tanaman  berbentuk  pohon  dengan  tinggi  5- 10  m.  Tanaman Belimbing Wuluh memiliki batang  tegak, bercabang,  dengan permukaan  kasar, dan  banyak  tonjolan.   Tanaman  ini  memiliki  pohon   yang  kecil,  dan berbunga  sepanjang tahun atau tidak mengenal musim.

Tanaman Belimbing Wuluh mempunyai bunga  serta  buah yang  menempel  pada  batang. Buah belimbing wuluh (Avverhoa bilimbi L) mengandung senyawa kimia yaitu asam format, asam sitrat, asam askorbat (Vitamin C), saponin, tanin,  glukosid,  flavonoid,  dan  beberapa  mineral  terutama  kalsium  dan kalium   dalam   bentuk   kalium   sitrat   dan   kalium   oksalat.   Rasa   asam belimbing wuluh terutama ditentukan oleh asam sitrat.

Belimbing Wuluh (Avverhoa bilimbi L)


Tanaman Belimbing Wuluh biasa diambil buahnya untuk bumbu masakan atau di buat manisan. walaupun sudah biasa dikonsumsi, namun banyak masyarakat indonesia yang belum menyadari manfaat lain dari belimbing wuluh ini. 

Adapun manfaat yang tak terduga dari Belimbing Wuluh yaitu Buahnya dapat untuk mengobati Batuk, sakit diabetes, sakit gigi, mengatasi panu, mencegah hipertensi, dan sariawan. Daunnya dapat digunakan sebagai antipiretik, menanggulangi sakit pegal linu dan bisul. 

Selain itu Belimbing wuluh juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat dan membuat wajah lebih bersih dan cerah, yaitu dengan menjadikannya masker untuk wajah.  Ini karena belimbing wuluh mengandung vitamin C dan vitamin A yang baik bagi kulit. Kandungan flavonoid dalam masker belimbing wuluh akan membantu kulit menjadi lebih cerah dan dan lebih bersih.
Bila dikonsumsi, belimbing wuluh mampu memberikan antioksidan yang menjaga kulit dari radikal bebas dan membuatnya awet muda. 

Manfaat lain dari Belimbing wuluh adalah sebagai penghilang bau amis,  mengilapkan barang-barang yang terbuat dari kuningan, serta dipakai sebagai bahan kosmetik