SIAPA SANGKA TUMBUHAN LIAR (MERDEKA) PUNYA BANYAK MANFAAT

SIAPA SANGKA TUMBUHAN LIAR (MERDEKA) PUNYA BANYAK MANFAAT

       Tanaman Merdeka / Babadotan / Balakacida adalah salah satu tumbuhan liar yang sangat sering kita jumpai pada semak belukar atau bahkan pada kebun yang dipenuhi oleh rumput liar dan pasti salah satunya tanaman merdeka.  Tanaman ini mempunyai ciri antara lain daun yang tidak begitu lebar berbentuk oval dan cenderung bergerigi pada bagian tepinya, mempunyai aroma khas dan ditumbuhi bulu halus pada permukaan daunnya.  Tinggi tanaman merdeka hanya sekitar 1 - 2 m.

       Tanaman Merdeka mempunyai banyak nama pada berbagai daerah di Indonesia.  Pertumbuhan yang sangat cepat bila berada di bawah naungan tanaman lainnnya menyebabkan tanaman ini menjadi tanaman pengganggu bagi tanaman pokok pertanian. Pada musim kemarau sekalipun tanaman ini masih dapat bertahan dan tumbuh dengan baik, bahkan pda musim kemarau inilah tanaman merdeka biasanya mengalami pembungaan.


       Hanya sebagian masyarakat di pedesaan yang tahu manfaat dari tanaman merdeka.  Tanaman Merdeka mempunyai kandungan nutrisi antara lain Flavanoid, Fenol, Tanin dan lainnnya.  Umumnya kita hanya tahu jika tanaman merdeka dapat mengobati luka yang baru. Daun tanaman merdeka dapat mengobati luka atau mengeringkan luka lebih cepat daripada obat luka ( Obat merah) yang dijual bebas di warung atau apotik.  Hampir semua petani mengetahui jenis pengobatan ini karena kebetulan atau memang sudah warisan dari para nenek moyang.  Gunakan daun merdeka beberapa lembar untuk pengobatan luka.  Dengan cara remas daun merdeka sampai agak halus kemudian balurkan secara merata pada luka.  Agar luka lebih cepat kering balut daun yang ditempelkan.

     Manfaat lainnya yang dapat kita peroleh dari daun merdeka antara lain untuk mengatasi penyakit :

1. Maag
2. Diabetes
3. Vertigo
4. Kolesterol tinggi
5. Sakit Kepala

    untuk pengobatan pada nomor 1 sampai 5, gunakan air rebusan daun merdeka secara rutin untuk diminum, tapi jangan berlebihan.  Perlu diingat pada pengobatan herbal menggunakan daun atau tanaman, jangan memakai air yang mengandung kaporit dan pada saat merebus jangan memakai wadah yang terbuat dari alumunium (sejenisnya), usahakan memakai wadah yang terbuat dari tanah liat.

6. Jerawat
    Khusus untuk pengobatan jerawat penggunaannya hanya untuk obat luar yaitu gunakan sebagai masker secara rutin.

     Pengobatan dengan cara apapun perlu diingat harus dilakukan secara rutin dan teratur agar dapat hasil yang maksimal.  Pengobatan merupakan bagian dari ikhtiar, yang paling utama adalah tetap berdo'a menyerahkan semuanya pada Sang Maha Pencipta.