Daun Jarak Pagar Mengatasi Perut Kembung

Daun Jarak Pagar Mengatasi Perut Kembung

Jarak Pagar merupakan jenis tanaman yang dapat hidup diberbagai tempat, baik di tempat yang kering, tandus atau pun agak lembab. Jarak pagar merupakan Tanaman perdu yang masih termasuk dalam famili karet dan ubi kayu. Tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 1-7 meter, bercabang dan tidak teratur. Daunnya merupakan daun tunggal, batangnya berkayu, silindris dan dapat mengeluarkan getah bila kulit batangnya terluka.

Jarak pagar memiliki nama latin Jatrupha Curcas L. dan memiliki sebutan nama yang berbeda-beda di setiap daerah. Daerah Sunda menyebutnya dengan Jarak Kosta atau Jarak Budeg, Daerah Jawa menyebutnya dengan Jarak Gundul atau Jarak Pager, Daerah Madura menyebutnya dengan kalekhe paghar, Daerah Bali menyebutnya dengan Jarak Pager, Nusa Tenggara menyebutnya dengan Lulu Mau atau Paku Kase atau Jarak Pageh, Alor menyebutnya dengan Kuman Nema, Sulawesi menyebutnya dengan Jarak Kosta, Jarak Wolanda, Bindalo, Bintalo, Tondo Utomene, Maluku menyebutnya dengan Ai Huwa Kamala, Balacai, Kadoto. dan sebagainya.

Tanaman Jarak Pagar (Jatrupha Curcas)

Sejak jaman dahulu nenek moyang kita telah menggunakan Pohon Jarak Pagar untuk pengobatan tradisional. Hampir semua bagian dari pohon jarak pagar dapat berguna, baik akar, getah, daun ataupun buah biji jarak.
berikut ini adalah beberapa manfaat atau khasiat dari pohon jarak pagar yang sudah biasa digunakan oleh nenek moyang kita sebagai obat tradisional.

1. Mengatasi Perut Kembung dan Masuk Angin
Daun Jarak Pagar dapat digunakan untuk mengbati perut kembung akibat masuk angin. Caranya yaitu dengan mengambil beberapa lembar daun jarak pagar, lalu di siangi di atas api agar agak layu, kemudian olesi dengan minyak telon atau minyak kayu putih dan ditempelkan di atas perut dan pinggang biarkan beberapa lama. Biasanya daun jarak yang ditempel akan berubah jadi kering seperti kertas.

2. Obat Sariawan
Manfaat lain dari Jarak pagar adalah dapat untuk mengobati Sariawan secara alami. Manfaat ini dapat diperoleh dari getahnya. Caranya yaitu dengan mematahkan tangkai daun jarak, kemudian ambil getah dari tangkai daun jarak tersebut kemudian dioleskan pada sariawan.

3. Mengobati Sakit Gigi Berlubang
Kandungan Getah jarak bersifat Anti Mikroba sehingga dapat menghilangkan bakteri seperti jenis Staphylococcus, Streptococcus dan Escherechia Coli dan dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi karena gigi berlubang. Caranya yaitu dengan mengambil getah jarak menggunakan kapas, kemudian ditempelkan pada gigi yang berlubang

Namun perlu diketahui bahwa Buah biji Jarak Pagar tidak untuk dikonsumsi atau dimakan karena dapat menjadi racun yang dapat membuat orang yang menkonsumsinya pingsan bahkan meninggal dunia.
Itulah beberapa manfaat dari jarak pagar yang sering digunakan untuk obat tradisional, masih banyak lagi manfaat dari jarak pagar lainnya. Semoga bermanfaat.