Masih Ada Kutu Rambut.........!!!! Lawan dengan Tanaman Nangko Belando (Sirsak)

Masih Ada Kutu Rambut.........!!!! Lawan dengan Tanaman Nangko Belando (Sirsak)

Nangko Belando merupakan bahasa daerah Palembang yang berarti  Sirsak (Annona muricata L).  Sedangkan untuk daerah Jawa, Sirsak lebih terkenal dengan nama Nangka Sabrang. Hampir semua wilayah di Indonesia terdapat pohon sirsak dan mempunyai nama yang berbeda-beda, karena tanaman jenis ini dapat tumbuh pada semua jenis tanah dan suhu.   Namun untuk lebih maksimal tanaman ini akan lebih baik dibudidayakan pada daerah yang mempunyai cadangan air yang cukup.

Sirsak merupakan tanaman yang dapat berbuah sepanjang tahun tanpa harus menunggu musim, sehingga dapat tersedia kapanpun.  sirsak mempunyai buah yang tidak begitu besar, dengan bentuk tidak  beraturan ada yang lonjong, bulat dan berbentuk lain. Mempunyai duri yang tidak tajam, dan rasa buah yang asam kemanisan bila sudah matang.  Buah sirsak mempunyai kandungan vitamin C, B1 dan lainnya.  Buah sirsak yang telah matang dapat langsung dimakan ataupun dijadikan Jus Buah.

Buah Sirsak

Saat ini banyak sekali tanaman dijadikan sebagai bahan pengobatan herbal.  Namun tidak banyak yang tahu jika tanaman sirsak dapat dipergunakan sebagai pembasmi kutu rambut.  Jenis hewan ini merupakan hewan parasit yang terdapat pada rambut manusia dan dapat menjadi salah satu pengganggu kesehatan.  Kutu rambut bila dibiarkan, maka dlam waktu yang relatif sebentar saja akan dapat berkembang biak menjadi lebih banyak. tentunya dapat dibayangkan jika kepala kita terdapat ratusan kutu rambut.

Sebenarnya banyak jenis obat buatan yang terdapat di apotik untuk mengobati kutu rambut, tapi terkadang kita khawatir dengan efek samping yang ditimibulkan nantinya.  Nah untuk mengatasi kekhawatiran tersebut kita dapat mengatasinya dengan menggunakan daun sirsak.  Caranya ambil beberapa lembar daun sirsak (10 lembar) atau secukupnya. lembutkan daun sirsak tersebut kemudian keramaskan di rambut.  Agar hasil yang didapatkan maksimal biar terlebih dahulu selama kurang lebih 15 menit dan tutup dengan handuk. Lakukan ini beberapa kali sehingga kutu yang ada di rambut akan habis dan mati.

selain untuk mengobati kutu rambut, banyak manfaat lain yang bisa kita peroleh dari sirsak, antara lain :

1. Mengurangi Ketombe dan Mengurangi Kerontokan Rambut
    Gunakan daun untuk mengurangi ketombe pada kepala. lakukanlah hal yang sama pada pembasmian kutu rambut.

2. Perawatan Wajah
    Tingginya kandungan vitamin C pada buah sirsak dapat dijadikan sebagai alternatif untuk perawatan wajah sebagai masker wajah dengan tujuan untuk memcegah penuaan dini, sedangkan untuk mencerahkan kulit dan sebagai obat jerawat, gunakan daun sirsak sebagai masker wajah lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

3. Mengobati Bisul
    Untuk mengobati bisul dapat dilakukan pengobatan dari dalam dengan meminum air rebusan daun sirsak.  ambil 10 lembar daun sirsak yang tua dan berwarna hijau tua dan rebus dengan satu gelas air.

Banyak penyakit lain yang dapat disembuhkan dengan meminum air rebusan daun sirsak secara rutin.  Namun ada beberapa hal yang harus kita perhatikan ketika kita membuat obat dari daun tanaman antara lain :

- Air yang digunakan jangan air yang menggunakan penjernih air buatan seperti kaporit, karena nanti air rebusannya akan terkontaminasi.
- Gunakan Panci atau wadah yang terbuat dari tanah liat, agar air rebusan tidak mengandung alumunium atau yang lainnnya dari bahan panci.

Nah itulah tadi beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari tanaman sirsak.  Tentunya masih banyak manfaat yang lain. Untuk hasil yang maksimal tentunya dapat kita lakukan secara rutin dan jangan lupa tetap berdo'a.  Karena pengobatan tersebut hanya bagian dari usaha kita.