Daun Sukun Obat Penyakit yang murah

Daun Sukun Obat Penyakit yang murah

Tanaman Sukun merupakan tanaman buah yang tidak memiliki biji. Tanaman ini memiliki nama ilmiah Artocarpus altilis. Buah sukun yang sudah tua biasanya diolah menjadi berbagai makanan misalnya keripik atau gorengan. Sukun yang digoreng memiliki rasa yang empuk seperti roti . Selain diolah menjadi gorengan sukun yang muda juga dapat dibuat menjadi sayur. Buah sukun merupakan bahan pangan penting sumber karbohidrat.

Pohon sukun sangat mirip dengan pohon kluwih, karena memang sukun sejenis atau sekerabat dengan kluwih. Yang membedakan adalah kulit buah kluwih sedikit menonjol dan berduri serta buahnya mengandung biji sedangkan sukun kulitnya agak kasar tidak berduri dan tidak berbiji.
Sukun (Artocarpus altilis)


Daun sukun mengandung senyawa flavonoid, riboflavin, dan sirosterol yang bermanfaat melindungi jantung, karena mampu menurunkan kadar kolesterol darah secara signifikan dan mampu menghambat akumulasi pada dinding pembuluh darah aorta dan untuk menjaga jantung dari kerusakan sistem kardiovaskuler. 

Selain itu daun sukun juga bermanfaat dalam membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan gula darah, ada pula yang menjadikannya sebagai solusi untuk menyelamatkan ginjal, darah tinggi, diabetes, serta mengatasi inflamasi karena daun sukun mengandung saponin, polifenol, asam hidrosianat, kalium, asetilkolin, tannin, riboflavin, dan phenol.

Untuk penggunaan daun sukun sebagai obat, tinggal merebus beberapa lembar daun sukun yang sudah dicuci bersih dan meminum air rebusan dari daun sukun tersebut. Selain itu daun sukun juga bisa dibuat teh agar lebih praktis dalam penggunaannya.

Untuk mengolah daun sukun menjadi teh daun sukun ini tergolong cukup sederhana. Daun-daun muda dan segar dipetik langsung dari pohon kemudian dicuci hingga bersih. Kemudian, daun dipotong-potong dan dijemur di bawah sinar matahari selama 3-4 hari hingga mengering. Selanjutnya tinggal menumbuk daun sukun yang sudah kering hingga menjadi serbuk. untuk penggunaanya tinggal menyeduh bubuk teh daun sukun dengan air panas.