Kunyit Obat Sesak Nafas

Kunyit Obat Sesak Nafas

TANAMAN- Manfaat tanaman kunyit untuk obat sesak nafas, sudah tahukan apa itu tanaman kunyit ? kunyit dalam bahasa jawa adalah kunir, kunyit juga sebagai bumbu masakan didapur. kunyit merupakan tumbuhan semu berwarna hijau keunguan dan mempunyai rimpang berwarna jingga serta bercabang-cabang. jumlah daun antara 3 sampai 8 helai dengan pelepah sepanjang 70 cm serta helai daunnya berujung lancip dan berekor. tanaman kunyit memiliki bunga berwarna jingga atau kuning dengan pinggir berwarna cokelat dan tengah berwarna kemerahan.

Tanaman kunyit tumbuh baik didaerah tropis seperti di indonesia yang terlindung serta bercurah hujan tinggi. perkembangbiakan dengan cara setek rimpang.

Kandungan yang terdapat didalam kunyit berupa zat dan mineral seperti seng, aluminium, magnesium, kalsium, bismuth, mangan, besi, timbal, natrium dan kalium. serta kunyit memiliki zat-zat seperti tanin, arabinosa, pati, glukosa, dammar dan fruktosa. tumbuhan kunyit juga mengandung minyak atrisi yang terdiri dari seskuiterpen dan fenil propana turmeron ( aril-tumeron, alpha-tumeron, beta tumeron ), bisabolen, humulen, kurlon kurkumol, zingiberin, seskuifellandren, atlanton dan aril kurkumen.

Tanaman kunyit juga bermanfaat untuk kesehatan khususnya untuk menyembuhkan sesak nafas, untuk caranya silahkan dibaca dibawah ini :

OBAT SESAK NAFAS
Parut kunyit dan temu lawak secukupnya, kemudian beri air matang dan saring agar ampasnya tidak ikut. tambahkan asam jawa, gula batu, satu sendok makan madu, dan sebutir telur ayam kampung pada larutan tersebut. aduk hingga merata atau tercampur semuanya dan minum dua kali sehari. maka sesak nafas akan berangsur-angsur membaik.


MENGHILANGKAN KRAM
Kunyit tiga jari diparut dengan jahe tiga jari, kemudian saring airnya dan tambahkan sebutir telur ayam kampung dan tiga sendok makan madu, aduk hingga tercampur hingga merata lalu diminum.

MENGHILANGKAN KEBIASAAN MEROKOK
Kunyit dua jari ditumbuk dan dicampur dengan dua sendok makan madu, kemudian minum sekali sehari secara rutin dan teratur, maka kebiasan merokok akan hilang dengan sendirinya.

AGAR KULIT KUNING LANGSAT
Kupas kunyit lalu parut dan peras airnya. beri gula secukupnya dan minum sekali sehari.

DEMAM BERDARAH
Kunyit satu jari ditumbuk dengan temu ireng, satu lembar dau pepaya dan garam. tambahkan air secukupnya pada campuran bahan tersebut, saring dan minum sekali sehari.

BENGKAK KARENA GIGITAN SERANGGGA
Parut sepotong kunyit ditambahkan dengan sedikit kapur sirih dan air. panaskan campuran tersebut lalu dinginkan. balurkan campuran tersebut pada bagian badan yang bengkak.

CAMPAK
Kunyit dua jari dan asam kawak dua jari dihaluskan lalu tambahkan air dan garam. balurkan pada kulit yang berpenyakit dua kali sehari.

MENGHILANGKAN KETOMBE
Kunyit ditumbuk secukupnya dan peras. gosokkan air saringannya pada kulit kepala dan biarkan semalaman. cuci rambut dengan sampo pada pagi hari.

PENYAKIT USUS BUNTU
Parut kunyit secukupnya lalu campur dengan sedikit garam, gula merah, air jeruk nipis, dan air panas. setelah dingin , minum larutan tersebut setiap pagi dan sore hari.

Bagaimana tamanan kunyit memiliki manfaat yang beragam bukan baik untuk kecantikan maupun untuk kesehatan, dan untuk bumbu dapur tentunya.

Demikian tentang " manfaat tanaman kunyit untuk kesehatan dan kecantikan selain untuk bumbu dapur ", terima kasih sudah berkunjung, untuk kritik dan saran saya persilahkan, karena kritik dan saran sangat membatu untuk membangun artikel yang berkualitas lagi.