Tanaman Keji Beling Obat Kencing Batu

Tanaman Keji Beling Obat Kencing Batu

TANAMAN- Manfaat beragam tanaman keji beling obat kencing batu, tanaman kecibeling merupakan tanaman kecil dengan ketinggian mencapai 1 m yang mempunyai daun yang berhadap-hadapan dan bergerigi serta kasar. bunga berbentuk corong, berbulu, dan berwarna kuning. tanaman ini tumbuh liar pada daerah dataran rendah hingga ketinggian 1.200 m di atas permukaan laut, di daerah yang agak terlindung. perkembangbiakan tanaman kecibeling menggunakan metode setek batang.

Keji beling (Strobilanthes crispus) atau juga disebut keci beling, picah beling (Betawi), Pecah beling atau disebut juga enyoh kelo (Jawa) adalah anggota Acanthaceae yang dapat menyembuhkan diabetes. Tumbuhan ini merupakan perdu yang berasal dari Madagaskar menyebar ke Indonesia dan tumbuh subur di Malaysia.


Adapun manfaat tanaman keci beling untuk kesehatan yaitu dapat mengobati kencing batu, penyakit kulit, dan sakit ketika kencing. untuk penjelasannya silahkan simak dibawah ini :

OBAT KENCING BATU 
CARA : Daun kecibeling digiling halus lalu diseduh dengan air panas setengah cangkir. minumlah larutan tersebut dua kali sehari.

OBAT PENYAKIT KULIT
CARA : Daun kecibeling dihancurkan dan campurkan dengan empat liter air untuk mandi bagi penderita penyakit kulit.

OBAT SAKIT KETIKA KENCING
CARA : Daun kecibeling direbus dengan tiga gelas air hingga mendidih sampai tinggal dua gelas. setelah dingin, minum air rebusan tersebut tiga kali sehari secara teratur.

Adapun manfaat lainnya dari tanaman keji beling untuk kesehatan yaitu dapat mengobati mengatasi diare, kencing manis, penyakit lever, dan mengobati tubuh gatel karena ulat atau semut hitam.

Mengatasi tubuh yang gatal kena ulat atau semut hitam, caranya dengan cara mengoleskan langsung daun keji beling pada bagian yang gatal tersebut. 
Mengatasi diare (mencret), disentri, seluruh bagian dari tanaman ini direbus, selama lebih kurang setengah jam, kudian airnya diminum. 
Mengatasi kencing manis dengan cara dimakan sebagai lalapan secara teratur setiap hari. 
Mengobati penyakit lever (sakit kuning), ambien (wasir) dan maag dengan cara dimakan secara teratur. 

Demikian manfaat dari tanaman keji beling untuk kesehatan, untuk saran dan kritik silahkan tinggalkan dikolom komentar, terima kasih sudah berkunjung. mohon untuk share artikel ini jika bermanfaat bagi orang lain.