Mengkudu Obat Penyakit Amandel

Mengkudu Obat Penyakit Amandel

TANAMAN- manfaat tanaman mengkudu obat amandel. mengkudu merupakan tanaman perdu dengan ketinggian mencapai 6 m, mempunyai batang bulat dan berkulit kasar. daun berbentuk bulat telur dengan letak berselang-seling, helaian daun berwarna hijau dan tulang daunnya menonjol. bunga berwarna putih dan bergerombol pada ketiak daun. bulat lonjung, kulit luar terlihat bentol-bentol. jika sudah matang, daging buah melunak dan memberikan aroma yang khas. biji buah berwarna cokelat dan keras.

Tanaman ini dapat tumbuh pada dataran rendah sampai pada ketinggian 1.000 m diatas permukaan laut. perkembangbiakan secara generatif menggunakan biji yang tua.

Kandungan kimia pada tamana mengkudu adalah kalori, vitamin A, vitamin C, niasin, tiamin, riboflavin, besi, kalium, natrium, kalsium, protein, lemak dan karbohidrat. Beberapa jenis senyawa fitokimia dalam buah mengkudu adalah terpen, acubin, lasperuloside, alizarin, zat-zat antrakuinon, asam askorbat, asam kaproat, asam kaprilat, zat-zat skopoletin, damnakantal dan alkaloid.


OBAT AMANDEL
CARA : Ambil buah mengkudu yang sudah masak 1 buah, daun jinten 1/5 genggam cuci bersih lalu ditumbuk halus, diperas dan disaring. beri madu asli 3 sendok lalu diminum 2 kali sehari.

OBAT TEKANAN DARAH TINGGI
CARA : Buah mengkudu yang masak, peras dan saringlah airnya, sesudah itu minum airnya. hendaknya pakai air yang masak. air perasan ini agak berbau sabun dan busa. sehari diminum 2 kali, pagi dan sore.

OBAT PENYAKIT PERUT
CARA : Dua lembar daun mengkudu, setelah dicuci dan dikeringkan, olesilah dengan minyak kelapa sampai merata. hangatkan daun di atas perapian sampai layu, kemudian tempelkan pada perut si penderita, sedang selembar yang lainnya pada punggung.

OBAT BATUK
CARA : Satu buah mengkudu dicuci bersih lalu ditumbuk halus diberi air masak 3 sendok makan yang telah diberi cuka dan kapur sirih sedikit, diperas dan disaring kemudian diminum 2 kali sehari.

Demikian adalah artikel tentang manfaat tanaman mengkudu bagi kesehatan. terima kasih sudah berkunjung, mohon untuk share artikel ini agar dapat bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan informasi mengenai tanaman obat.