Jeruk Nipis Obat Penyakit Difteri

Jeruk Nipis Obat Penyakit Difteri

TANAMAN- manfaat tanaman jeruk nipis obat difteri. jeruk nipis memiliki pohon kecil dengan ketinggian mencapai 4 m, mempunyai batang yang keras, bentuk bulat, banyak cabang serta dihiasi dengan duri yang runcing. daun memiliki aroma yang khas, berbentuk bulat telur, dan permukaan bagian atas berwarna hijau mengkilap, sedangkan bagian bawahnya berwarna hijau muda. bunga majemuk terletak pada ketiak daun atau ujung tangkai. buah bulat besar seperti bola tenis meja dan berwarna hijau kekuningan. selain buahnya, kulit buah dan akar dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain.

Tanaman ini tumbuh di daerah tropis. dapat tumbuh dengan baik di mana saja selama perawatannya baik. perkembangannya dapat dengan biji maupun cangkok batang.

Kandungan yang terdapat dalam buah jeruk nipis adalah vitamin C, asam askorbat, besi, fosfor, kalsium, mineral, karbohidrat, lemak, protein, dan kalori. adapun senyawa kimia yang terdapat dalam buah jeruk nipis adalah asam sitrat, asam amino (triptofan, lisin), minyak atsiri (sitral, limonen, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid, nonildehid), damar, glikosida, asam sitrun, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang vitamin B1 dan C. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung senyawa saponin dan flavonoid yaitu hesperidin (hesperetin 7-rutinosida), tangeretin, naringin, eriocitrin, eriocitrocide. Hesperidin bermanfaat untuk antiinflamasi, antioksidan, dan menghambat sintesis prostaglandin. Hesperidin juga menghambat azoxymethane (AOM) yang menginduksi karsinogenesis pada colon kelinci, dan juga menghambat N-butil-N-(4-hidroksi-butil) nitrosamin yang menginduksi karsinogenesis pada kandung kemih tikus (Chang, 2001). Jeruk nipis juga mengandung 7% minyak essensial yang mengandung citral, limonen, fenchon, terpineol, bisabolene, dan terpenoid lainnya.


OBAT BATUK
CARA : Jeruk nipis yang sudah tua dibelah menjadi 2 bagian, lalu permukaan yang diiris diolesi dengan menggunakan kapur sampai merata, kemudian dipanggang sampai layu, dan dalam keadaan panas airnya diperas, diminum sehari 2 kali, pagi dan sore.

OBAT DIFTERI
CARA : Jeruk nipis 2 buah diambil airnya, diseduh dengan air hangat 1/2 cangkir dan garam sedikit, untuk kumur dan diminum setiap jam satu kali sebanyak 2 sendok makan.

MENGHILANGKAN NODA
CARA : Ambil jeruk nipis, belah jadi dua kemudian gosokkan pada tangan yang terkena noda kunyit, kemudian bilas dengan air sabun dan air bersih.

OBAT SUKAR TIDUR
CARA : Ambil bunga jeruk nipis 1/2 genggam, gula, dan daun teh, kemudian seduhlah dengan air panas siap minum atau air hangat.

OBAT SENGATAN LEBAH
CARA : Ambil satu jeruk nipis, belah menjadi dua, kemudian gosokkan pada bagian yang tersengat lebah hingga rasa sakitnya hilang, kemudian basuh dengan air.

Demikian artikel tentang manfaat tanaman jeruk nipis bagi kesehatan. kritik dan saran saya persilahkan. dan jangan lupa untuk share artikel ini, agar dapat bermanfaat bagi orang yang membutuhkan pengobatan secara alami. terima kasih sudah berkunjung.