Manfaat Tanaman Nanangkaan Bagi Kesehatan

Manfaat Tanaman Nanangkaan Bagi Kesehatan

TANAMAN- manfaat tanaman nanangkaan untuk kesehatan. di daerah pemukiman baru biasanya banyak kita jumpai atau temukan tumbuhan nanangkaan / gendong anak atau juga disebut patikan kebo (euophorbia hirta ). tumbuhan ini mudah untuk dikenali. tumbuhan ini tumbuh merayap di celah bebatuan atau tumbuh tegak diantara tumbuhan lainnya. untuk tinggi tumbuhan ini mencapai 0,5 m, tetapi yang sering kita dapatkan hanyalah sekitar satu jengkal.

Batangnya pendek berbuku-buku, daunnya saling berhadapan, berbentuk bulat telur, bergerigi halus pada kedua sisinya, dan pada bagian tengahnya terdapat noda berwarna nila. buah dan bunganya terdapata pada ketiak setiap tangkai daun dan terletak menopang diatas batang. tumbuhan ini berkembang biak menggunakan biji.

Banyak orang menggunakan tanaman ini untuk ramuan obat. seperti daunnya dapat mengobati luka bekas sayat, dengan cara daunnya dicuci dan ditumbuk halus dan tempelkan pada luka sayatan agar cepat mengering. kemudian dapat mengobati bisul cara menempelkan tumbuhan nanangkaan pada permukaan bisul, tetapi jangan menutupi permukaan mata bisul, sehingga cepat pecah.

Ramuan tanaman ini yang telah dicuci bersih lalu digodok, air rebusannya disaring dan diminum untuk mengobati asma atau bronkhitis. dan jika terkena penyakit radang mata, teteskan getah tumbuhan ini sebagai pengganti obat tetes mata.

Demikian adalah manfaat tanaman nanangkaan bagi kesehatan. mohon untuk share artikel ini agar dapat bermanfaat untuk orang lain yang membutuhkan informasi tanaman obat.