Obat Sakit encok Herbal Alami adalah Daun Senggugu

Obat Sakit encok Herbal Alami adalah Daun Senggugu

TANAMAN- manfaat tanaman senggugu obat meredakan encok. tanaman sengugu adalah tanaman liar, yang tumbuh dimanapun. untuk menemukan tanaman ini anda bisa menelusuri tepi sungai. pada tanggul atau semak belukar tepi sungai, di tempat-tempat terbuka agak teduh sering ditemukan tumbuhan sengugu. tanaman ini memiliki nama latin clerodendrum serratum moon, sejenis tumbuhan liar dan kurang begitu dikenal. tumbuhan ini dapat mencapai ketinggian hingga tiga meter tetapi pada umumnya hanya mencapai kurang dari dua meter.

Tanaman perdu tegak ini mempunyai daun berbentuk lonjong telur, tebal dan kaku, serta bergerigi tajam pada kedua sisinya. bunganya berwarna violet dalam rangkaian malai yang terdapat pada ujung tangkai. buahnya berbentuk bulat telur dan berwarna hijau kehitaman.

Kandungan kimia pada tanaman senggugu adalah Daun Senggugu memiliki kandungan kimia, antara lain kalium, sedikit natrium, alkaloid, dan flavonoid flavon. Daun senggugu bersifat pahit, pedas, dan sejuk. Kulit batang Senggugu mengandung senyawa triterpenoid, asam oleanolat, asam queretaroat, dan asam serratogenat. Sedangkan kulit akar mengandung glikosida fenol, manitol, dan sitosterol.

Tanaman ini pada bagian akar, daun, dan buahnya banyak mengandung khasiat obat. daunnya dapat digunakan sebagai obat gosok untuk meredakan encok, rasa nyeri, dan linu pada persendian. godokan daunnya dapat digunakan sebagai obat cacingan. dan pada buahnya berkhasiat untuk pereda batuk, kunyah bersama daun sirih.

Adapun manfaat lainnya tanaman senggugu adalah dapat mengobati Menyembuhkan flu, alergi debu, hidung meler, sinusitis, sesak napas (asma), memar, rematik,; Radang saluran napas (bronchitis), tulang patah (faktur), bisul, perut busung, malaria, memberikan tenaga setelah melahirkan, digigit ular, menjernihkan suara dan memanjangkan napas.

Demikian adalah artikel tentang manfaat tanaman senggugu obat meredakan encok. mohon untuk share artikel ini agar dapat bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan informasi mengenai tanaman obat. terima kasih sudah berkunjung.