khasiat tanaman jawer kotok obat batu ginjal

khasiat tanaman jawer kotok obat batu ginjal

TANAMAN- tanaman jawer kotok berkhasiat obati wasir. sudah tidak dipungkiri lagi bahwa setiap tanaman yang tumbuh di permukaan bumi ini, pasti ada khasiat tersendiri. mungkin kita yang kurang meng-eksplore atau kurangnya pengetahuan akan tanaman obat disekitar lingkungan rumah. terkadang tanaman yang tumbuh secara liar di perkarangan rumah dianggap sebagai gulma. akan tetapi tidak semua tanaman itu gulma, ada juga tanaman yang berkhasiat untuk kesehatan. karena kurangnya pengetahuan yang didapat sehingga semua itu dianggap sebagai gulma saja.

Penting sekali untuk kita selalu mempelajari hal-hal baru terutama tanaman obat. kenapa penting ? karena agar tidak selalu tergantung pada obat kimia. ada beberapa penyakit mungkin hanya bisa disembuhkan dengan media herbal dengan tanaman-tanaman obat yang tumbuh disekitar rumah. pentingnya pengetahuan tentang tanaman obat jika sewaktu-waktu keluarga sedang sakit dan tidak ada biaya berobat kedokter tidak salahnya untuk mengobati dengan cara tradisional. dengan pengetahuan yang didapat itu memberikan pola pikir semakin maju dan tidak akan ketergantungan.


Kita kembali pada jenis tanaman yang tumbuh tegak dan betuk batangnya segi empat, tapi alurnya agak dalam pada ke empat sisinya. tumbuhan ini namannya jawer kotok. nama latin jawer kotok adalah coleus scutellarioides bth. dihutan jawer kotok ini dapat tumbuh dengan ketinggian 1,5 meter dan batangnya berbulu. daunnya berbentuk lonjong sampai bundar memanjang, serta bergerigi panjang. bunganya berwarna ungu, tersusun dalam malai yang terdapat pada ujung-ujung tangkainya.

Jenis tumbuhan ini memiliki corak warna yang beraneka ragam. karena keindahan warna daunnya, tumbuhan ini sering digunakan sebagai tanaman hias pada taman-taman terbuka di halaman rumah.

Jawer kotok yang berkhasiat sebagai obat adalah jawer kotok yang daun dan batangnya berwarna merah hati kehitaman, dengan sisi daun bergerigi tumpul. walaupun tumbuhan ini memiliki buah dan biji, untuk membudi-dayakannya lebih baik dan lebih mudah dengan menggunakan stek.

Jawer kotok tumbuh subur pada tanah lembab dan terbuka. dari tanaman ini dapat kita peroleh berbagai manfaat untuk pengobatan.

Daunnya yang masih segar, setelah diolesi dengan minyak kelapa dan dipanaskan diatas api hingga layu dapat digunakan untuk menutup bisul agar cepat pecah. air perasan dari daun yang masih segar berguna untuk obat tetes untuk sakit telinga atau sebagai obat anti septic saat memotong tali pusar bayi. air rebusan daunnya jika diminum, bermanfaat untuk mengobati sakit wasir, batu ginjal, dan obat cacingan. seduhan akarnya berguna untuk obat mencret atau diare.

Demikian adalah manfaat tanaman jawer kotok untuk mengobati batu ginjal. mohon untuk share artikel ini agar dapat bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan informasi mengai tanaman obat. terima kasih sudah berkunjung.