Manfaat Tanaman Babadotan untuk Kesehatan

Manfaat Tanaman Babadotan untuk Kesehatan

TANAMAN- manfaat tanaman babadotan untuk kesehatan. tanaman babadotan adalah tanaman sejenis gulma, untuk mengetahui tanaman ini mari kita lihat pada tanah yang tidak terawat atau disekitar pekarangan rumah biasanya banyak ditemukan tanaman babadotan. tanaman babadotan memiliki nama latin yaitu ageratum conyzoides.

Tanaman ini tumbuh liar begitu saja, seperti rumput. tanaman babadotan tidak untuk dibudidayakan oleh orang. tumbuhan ini sering kita temukan dipinggir jalan setapak.

Kita bisa mengenali tanaman babdotan yaitu ciri-ciri tanaman ini bentuk daunnya bulat telur dan runcing pada bagian ujungnya, bercak hijau dengan garis-garis tulang daun yang jelas dan berwarna kuning muda, serta bergerigi pada kedua sisinya.

Bagian belakang daun berbulu jarang dan kasar.batangnya berbulu halus. bunganya tumbuh berkelompok berwarna putih dan ada pula yang berwarna putih dan putih kebiruan, terletak diatas tangkai panjang yang tumbuh di ketiak daun.

Apa khasiat tanaman ini ?

Petani di pedesaan biasanya menggunakan daun babadotan ini untuk menutup pendarahan pada kulit yang terluka atau tersayat agar luka tidak terinfeksi. caranya adalah ambil beberapa lembar daunnya, kemudian cuci dengan bersih, dan direbus hingga lumat. kemudian tutupkan pada luka sayat tadi.

Adapun khasiat untuk pengobatan dari tanaman babadotan yaitu berkhasiat untuk pengobatan: demam,malaria, sakit tenggorok, radang paru (pneumonia), radang telinga tengah (otitis media), perdarahan, seperti perdarahan rahim, luka berdarah, dan mimisan, diare, disentri, mulas (kolik), muntah, perut kembung, keseleo, pegal linu, mencegah kehamilan, badan lelah sehabis bekerja berat, produksi air seni sedikit, tumor rahim, dan perawatan rambut. Akar berkhasiat untuk mengatasi :demam. caranya, Untuk obat yang diminum, rebus 15 - 30 g herba kering atau 30 -60 g herba segar. Cara lain tumbuk herba segar, lalu peras dan air perasannya diminum.

Untuk pemakaian luar, tumbuk herba segar sampai halus. Selanjutnya, campurkan minyak sayur sedikit dan aduk sampai rata, lalu bubuhkan pada luka yang masih baru, bisul, eksim, dan penyakit kulit lainnya (seperti kusta/lepra). Cara lain, giling herba kering menjadi serbuk, lalu tiupkan ke kerongkongan penderita yang sakit tenggorokan. Selain itu, daun segar dapat diseduh dan air seduhannya dapat digunakan untuk membilas mata, sakit perut, dan mencuci luka.

demikian adalah manfaat tanaman babadotan untuk kesehatan. jangan lupa untuk share artikel ini agar dapat bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan informasi tentang tanaman obat. terima kasih sudah berkunjung.