Merica Obat Penyakit Malaria

Merica Obat Penyakit Malaria

TANAMAN- Manfaat beragam tanaman merica obat malaria. tanaman merica memiliki pohon yang kecil, daun berbentuk jantung dengan permukaan yang mengkilap. tanaman ini memiliki buah berbentuk bulat kecil dan bergerombol. memiliki rasa yang sangat pedas sehingga sering digunakan sebagai pengganti cabai. ketika dipetik, buahnya berwarna hijau dan setelah kering akan berwarna cokelat terang.

Kandungan kimia yang terdapat pada lada adalah saponin, flavonoida, minyak atsiri, kavisin, resin, zat putih telur, amilum, piperine, piperiline, piperoleine, poperanine, piperonal, dihdrokarveol, kanyo-fillene oksida, kariptone, tran piocarrol, dan minyak lada. Sifat kimiawi lada adalah pedas dan beraroma sangat khas.

Merica atau yang disebut lada ini juga termasuk salah satu bahan dapur sebagai bahan penyedap rasa yang mengandung senyawa alkolid piperin, berasa pedas. Sedang manfaat untuk kesehatan, lada dapat melonggarkan saluran pernapasan dan melancarkan aliran darah di sekitar kepala. Oleh karena itu masakan yang berbumbu pedas merica cocok untuk penderita influenza, kepala pusing, perut kembung dan mual akibat masuk angin. Masakan yang menggunakan mrica dan cocok untuk kesehatan seperti saus steak, sup dan sebagainya.


Merica memiliki segudang manfaat yaitu untuk kesehatan dapat mengobati malaria, mencegah kehamilan, rematik, dan biduran. untuk penjelasannya bisa disimak dibawah ini :

OBAT MALARIA
CARA : Ambil 1/2 sendok teh merica, dan kopi, kemudian diseduh dengan air panas, diminum sebelum kambuh. setelah itu buat jamu daun pepaya diambil tangkainya, satu potong temu ireng 1/4 genggam daun tarum, 2 biji tempe busuk, dan garam, semua dihaluskan dan diberi air 3/4 gelas, peras dan saring, kemudian minum 2 kali sehari.

OBAT MENCEGAH KEHAMILAN
CARA : Sesendok kecil merica, ragi 1/4 bulatan, cuka 3 tetes, dan air panas 1/4 gelas. merica ditumbuk hingga halus, kemudian semua bahan diaduk menjadi satu hingga merata, lalu diminum ketika terlambat datang bulan setiap hari sampai 4 hari.

OBAT REMATIK
CARA : Ambil 13 biji merica, jahe sebesar ibu jari, jinten hitam secukupnya, 7 buah cengkih, 2 buah pala, 2 buah bawang jantan, dan gondopuro 200 cc. semua bahan digiling halus, masukkan kedalam gondopuro kemudian balurkan pada bagian yang sakit.

OBAT BIDURAN
CARA : Merica ditumbuk hingga halus, kemudian dicampurkan dengan minyak tanah, lalu dioleskan pada bagian-bagian badan yang terasa gatal.

Adapun manfaat merica atau lada untuk kesehatan antara lainnya bisa disimak dibawah ini:

Membantu mencegah dan mengurangi varises. 
Peningkatan dan merangsang sistem peredaran darah. 
Membantu mengobati wasir. 
Mencegah infeksi gastrointestinal. 
Membantu dalam melawan jamur pada kulit. 
Mengobati sakit kepala. 
Membantu dalam menghilangkan lemak tubuh sehingga membantu mengurangi berat badan. 
Mencegah terjadinya gas di usus. 
Membantu menghilangkan racun dari cairan tubuh. 
Merangsang metabolisme tubuh sehingga membantu untuk membakar lemak lebih cepat. 
Mengatur transit di usus. 
Memperbaiki pencernaan. 
Membantu dalam menjaga tingkat kolesterol darah. 
Meningkatkan kesehatan tulang dengan kandungan kalsium dalam lada. 
Mencegah dan memerangi anemia. 
Membantu mengurangi risiko kanker. 

Demikian artikel tentang manfaat tanaman merica untuk kesehatan, semoga dapat bermanfaat dan berguna untuk yang mencari artikel pengobatan secara alami atau herbal. kritik dan saran saya persilahkan. terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa untuk share artikel ini ya.