Kamboja Obat Peradangan Usus

Kamboja Obat Peradangan Usus

TANAMAN- Manfaat beragam tanaman kamboja obat peradangan usus. tanaman kamboja memiliki pohon kecil dengan ketinggian mencapai 4 m. memiliki getah yang pekat pada batang serta daun yang menyirip. bunga memiliki jumlah mahkota 4 atau 5 dengan warna yang bervariasi. tanaman ini dapat tumbuh di sembarang tempat, terutama sering sekali kita jumpai di area pemakaman. tanaman kamboja memiliki biji yang berkulit keras dan tidak semua bunga menjadi biji karena tidak semua bunga menjadi biji. tanaman ini berkembangbiak dengan menggunakan metode biji dan setek batang.

Getah dari bunga kamboja ini mempunyai kandungan antiseptic yang sanggup menghilangkan gatal pada sela-sela kaki. Namun untuk kulit lunak yang lainnya, kita sangat tak disarankan untuk memakainya sebab dapat menyebabkan iritasi maupun luka yang jauh lebih parah. Bahkan jika getah ini mengenai mata kita, akan bisa menyebabkan kebutaan bila tak segera kita cuci dengan air. Untuk sekilas, memang tanaman ini hanya terkesan sebagai tumbuhan hias perindang yang memiliki bunga harum. Namun khasiat utama dari tanaman ini justru terletak pada bunga itu.

Bunga kamboja kering yang sempurna jika kita gunakan dengan tepat bisa begitu berguna untuk kesehatan kita yaitu bisa digunakan untuk menurunkan panas, menyembuhkan demam, radang tenggorokan ataupun gusi, mengatasi bibir pecah-pecah, mengatasi masalah pencernaan yang tak stabil, meningkatkan nafsu makan, dan juga membuat buang air besar kita lebih normal. Bunga kamboja kering ini juga sangat cocok untuk digunakan sebagai minuman pada saat musim panas. Selain itu, bunga ini juga memiliki kandungan beberapa zat aktif lainnya yang sangat bermanfaat untuk mencegah kanker paru-paru.

Getah dari tanaman kamboja memiliki terkandung senyawa asam plumeria dan juga damar. Banyak senyawa justru terkandung di bagian akar dan daun tanaman kamboja. Senyawa-senyawa tersebut adalah alkaloid, fenetilalkohol, saponin, dan polifenol. Untuk hampir semua bagian tanaman ini terdapat kandungan senyawa yakni fulvoplumierin. Senyawa kimia yang satu ini memiliki manfaat untuk mencegah beberapa penyakit seperti hepatitis, TBC, bahkan disentri.

Adapun manfaat tanaman kamboja untuk kesehatan yaitu dapat mengobati kaki bengkak, peradangan usus, bisul, benjolan karena abses, penyakit gonore, pencuci darah, gigi berlubang, dan urus-urus. untuk penjelasannya silahkan simak dibawah ini :

OBAT PERADANGAN USUS
CARA : Getah kamboja dari batangnya dicampur dengan beberapa tetes minyak kelapa. kemudian bubuhkan pada kulit yang sakit.

OBAT KAKI BENGKAK

CARA : Apabila kaki bengkak, kompres dengan air rendaman kulit pohon kamboja.

OBAT BISUL
CARA : Daun kamboja dilemaskan dangan minyak kelapa, lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang ada bisulnya.

OBAT PENYAKIT GONORE
CARA : Penyakit ini dapat disembuhkan dengan meminum air rebusan akar pohon kamboja.

OBAT PENCUCI DARAH
CARA : Kulit pohon kamboja direbus secukupnya, ambil airnya dan di minum.

OBAT URUS-URUS
CARA : Getah kamboja sedikit saja dicampurkan dengan air hangat setengah gelas lalu di minum.

OBAT BENJOLAN KARENA ABSES
CARA : Getah kamboja dioleskan pada benjolan abses. lakukan setiap sesudah mandi. untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan, pada waktu mengoleskan getah kamboja jangan mengenai bagian tubuh yang sakit.

OBAT GIGI BERLUBANG
CARA : Getah pohon kamboja beberapa tetes dioleskan pada kapas untuk menutup gigi yang berlubang. lakukan sekali sehari, namun perlu hati-hati jangan sampai terkena gigi yang tidak sakit.

Demikian adalah manfaat dari tanaman kamboja untuk kesehatan, terima kasih sudah berkunjung. untuk kritik dan saran saya persilahkan, mohon dishare artikel ini, dan semoga bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan informasi seputar pengobatan alami dari alam.