Sirih Obati Sakit Jantung

Sirih Obati Sakit Jantung

TANAMAN- Manfaat beragam tanaman sirih obat sakit jantung, tanaman sirih merupakan tanaman merambat mencapai ketinggian 15 m dan mempunyai batang berwarna cokelat, beruas-ruas sebagai tempat keluarnya akar. helaian daun tanaman sirih berbentuk jantung, tumbuh berselang-seling, bertangkai dan dilengkapi dengan daun pelindung. jika daun diremas memberikan aroma yang harum. buah buni, berbentuk bulatdan berbulu. tanaman ini tumbuh di daerah dengan ketinggian mencapai 300 m diatas permukaan laut, dan tumbuh subur pada tanah yang kaya zat organik dan cukup air. perkembangbiakan tanaman sirih menggunakan metode setek sulur.

Kandungan yang terdapat pada daun sirih yaitu karoren, asam nikotinat, riboflavin, tiamin, vitamin C, gula, tannin, patin dan asam amino. daun sirih secara umum mengandung minyak asitri yang berisikan senyawa kimia seperti fenol serta senyawa turunannya antara lain kavikol, kavibetol, eugenol, karvacol, dan allipyrocatechol.

Manfaat daun sirih untuk kesehatan adalah untuk mengobati hidung berdarah, mengharumkan kemaluan wanita, obat sakit jantung, mengatasi bau mulut, bisul, obat sakit gigi, menyembuhkan batuk rejan, obat pencuci mata, jamu sari rapet, dan sakit tenggorokan. untuk penjelasan mengenai caranya silahkan simak dibawah ini :

CARA : Ambil tiga lembar daun sirih, 3 siung bawang merah, 4 buah biji kemukus, kemudian cuci, dan 1 sendok kecil jintan tidak usah dicuci. tumbuk semuanya sampai halus, tambah dengan air 4 sendok makan, setelah disaring bersih lalu minumlah air dari ramuan tersebut 2 kali sehari pagi dan sore.

OBAT HIDUNG BERDARAH
CARA : Ambil daun sirih satu lembar, lipatlah, kemudian masukkan ke dalam lubang hidung yang berdarah. lakukan sampai darah tidak lagi keluar dari hidung.

MENGHARUMKAN KEMALUAN WANITA
CARA : Ambil beberapa lembar daun sirih yang sudah tua kekuning-kuningan 12 lembar, rebuslah dengan menggunakan air secukupnya atau 2 gelas hingga tinggal 1 gelas air, kemudian minumlah 2 kali sehari pagi dan sore hari maka hasilnya kemaluan tetap harum dan jauh dari penyakit.

MENGATASI BAU MULUT
CARA : Ambil beberapa lembar daun sirih, remas-remas, kemudian pergunakan air sirih tersebut untuk berkumur. lakukan beberapa hari berturut-turut.

OBAT BISUL
CARA : Ambil tangkai daun sirih yang sudah ditumbuk perlahan-lahan, kemudian celupkanlah tangkai daun sirih tersebut kedalam minyak kelapa. kemudian bakarlah tangkai daun sirih sampai panasnya kuat untuk dioleskan pada kulit yang terkena bisul. selanjutnya oleskanlah tangkai daun sirih tersebut pada kulityang terinfeksi, sebelumnya bubuhilah dengan menggunakan kapur sirih sedikit saja.untuk bisul yang kecil, hanya dengan beberapa olesan saja niscaya akan lenyap dan sembuh. tetapi pada bisul yang sudah agak parah, ulangi 3 malam berturut-turut saat menjelang tidur.

MENYEMBUHKAN BATUK REJAN
CARA : Ambil tujuh lembar daun sirih, gula batu, dan segelas air, kemudian dimasak secara bersamaan. biarkan sampai mendidih sampai air yang ada didalam tinggal 1/2 gelas. tiap kali diminum 3 sendok makan, dan ulangi selama 4 hari berturut-turut.

JAMU SARI RAPET 
CARA : Daun sirih 20 lembar, 4 ruas kunci sebesar jari kemudian rebuslah dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga airnya tinggal 1 gelas, minum air sirih tersebut 2 kali seminggu.

OBAT PENCUCI MATA
CARA : Ambil beberapa lembar daun sirih kemudian cuci dan remas-remaslah sampai lemas. kemudian masukkan kedalam air panas dan diamkan air sampai menjadi hangat-hangat kuku. selanjutnya saringlah dengan menggunakan kain yang bersih. rendamlah kedua mata anda dengan menggunakan air tersebut serta kedip-kedipkan mata anda agar kotoran-kotoran yang ada di mata terbawa oleh air sirih tersebut. lakukanlah secara rutin selang beberapa jam.

OBAT SAKIT GIGI
CARA : Kunyahlah daun sirih, kapur sirih, gambir, dan sebiji cengkih. pada saat pertama bagian yang sakit akan terasa lebih sakit. tetapi beberapa saat kemudian, rasa sakit itu akan hilang.

SAKIT TENGGOROKAN
CARA : Rebuslah sepuluh tangkai bunga sirih, lima lembar daun sirih, dan tiga sendok gula batu. saring dan biarkan hingga dingin. minum air saringan tersebut setiap pagi dan sore.

Demikian adalah manfaat daun sirih untuk kesehatan, semoga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan, terima kasih sudah berkunjung. mohon untuk dishare artikel ini agar semua orang mengetahui manfaat dari daun sirih.