Kapan Anak Mulai Berpuasa

Kapan Anak Mulai Berpuasa

ANAK- kapan anak mulai berpuasa. halo selamat pagi menjelang siang, assalamualikum untuk sahabat mas genli dimanapun berada semoga sehat selalu, di bulan penuh rahmat ini yaitu bulan ramadhan, semoga hati dan lisan selalu terjaga amin ya rabbal alamin.


saya membuat artikel ini ketika ada seseorang teman bertanya kepada saya kapan ya anak itu mulai diajarkan untuk berpuasa ? nah saya agak bingung menjawabnya, karena pengetahuan saya tentang agama belum ada apa-apanya, karena saya juga belajar sedikit demi sedikit dari bertanya kepada pak ustads atau dengan memperbanyak membaca buku tentang agama. dengan sedikit pengetahuan saya menjawab pertanyaan teman saya, yaitu anak mulai diajarkan berpuasa  mulai dari umur 7 tahun.

Bagaimana mengajarkan anak mulai berpuasa ?

Kemudian timbul pertanyaan lagi bagaimana mengajarkan anak mulai berpuasa ? sudah tentu awal pertama anak berpuasa mungkin tidak akan full sehari seperti orang dewasa. dengan demikian untuk orang tua agar mengajarkan anak untuk berpuasa mulai dari setengah hari saja pada waktu zhuhur anak diperbolehkan untuk berbuka dan setalh berbuka kembali diajarkan untuk berpuasa lagi sampai datang waktu ashar dan seterusnya seperti itu setiap hari. ini berguna untuk melatih anak agar menjadi terbiasa untuk menahan lapar.

Kapan anak wajib untuk berpuasa ?

Tadi mengajarkan anak mulai berpuasa, nah kemudain ada pertanyaan kapan anak itu wajib berpuasa,  anak wajib berpuasa ketika anak sudah baliq dengan anak sudah baliq maka anak diwajibkan untuk berpuasa. 

Dengan berpuasa sebetulnya itu untuk menjaga kesehatan, kenapa demikian ? karena dengan berpuasa organ dalam tubuh itu butuh waktu untuk istirahat untuk mencerna makanan atau bekerja keras seperti jantung atau ginjal, dengan berpuasa maka jantung dan ginjal lebih sedikit bekerja. jadi dengan berpuasa memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Demikian sedikit ulasan mengenai kapan anak mulai untuk diajarkan untuk berpuasa. kritik dan saran silahkan tinggalkan di kolom komentar. mohon untuk share artikel ini agar dapat bermanfaat bagi orang lain. mas genli ucapkan terima kasih wassalamualaikum wr wb.