Manfaat Bunga Sepatu Obat Herbal Bronkitis

Manfaat Bunga Sepatu Obat Herbal Bronkitis

BUNGA- Manfaat beragam tanaman bunga sepatu obat bronkitis, bunga sepatu merupakan tanaman perdu dengan ketinggian mencapai 3 m yang mempunyai daun tunggal berbentuk jantung, bagian samping daun bergerigi namun tidak tajam. tanaman bunga sepatu memiliki bunga yang indah dan bermacam-macam warnanya.

Tanaman bunga sepatu tumbuh subur pada tanah yang gembur dan cukup pencahayaan matahari dengan ketinggian tanah sampai 1.000 m di atas permukaan laut. Manfaat dan fungsi bunga sepatu sebagai obat herbal dapat diperoleh karena bunga sepatu mengandung berbagai senyawa seperti flavonoida, cyanidin diglucosid, taraxeryl acetat, saponin, polifenol, tanin, saponin, hibisetin, Ca-oksalat, dan peroxidase.

Bunga sepatu merupakan tanaman hias, yang memiliki keunggulan untuk kesehatan yaitu dapat mengobati TBC, Bronkitis, dan abses. untuk caranya silahkan simak dibawah ini :

OBAT BRONKITIS
CARA : Dua kuntum bunga sepatu digiling halus, kemudian tambahkan satu gelas air dan sedikit garam. saring campuran tersebut dan minum dua kali sehari.

OBAT TBC
CARA : Tiga kuntum bunga sepatu dihaluskan lalu tambahkan setengah gelas air matang dan satu sendok madu. minum larutan tersebut tiga kali sehari. untuk melancarkan dahak.

OBAT ABSES
CARA : Lima lembar daun bunga sepatu dan dua bunganya diiris dan usap-usapkan pada abses. lakukan dua kali sehari.

Adapun manfaat lain dari tanaman bunga sepatu untuk kesehatan yaitu dapat mengobati demam, kencing bernanah, gondongan, melancarkan haid, menumbuhkan rambut, mengobati bisul, dan mengobati jerawat. untuk penjelasannya berikut dibawah ini :

MENGOBATI JERAWAT
CARA : Rendam 3 kuntum bunga sepatu yang sudah diiris kecil-kecil di dalam segelas air selama 1 malam. Campurkan sedikit madu ke dalamnya lalu gunakan sebagai obat pencuci muka yang berjerawat. Lakukan ini setiap bangun tidur.

MENGOBATI KENCING BERNANAH
CARA : Rebus 5 kuntum bunga sepatu dan 15 gram daun sambiloto dalam 2 gelas air. Biarkan hingga air yang tersisa tinggal 1 gelas kemudian saring dan biarkan hingga hangat untuk langsung dapat diminum. Agar terasa manis, air rebusan dapat ditambah madu secukupnya.

MENGOBATI BISUL
CARA : Rajang halus 5 lembar daun dan 2 kuntum bunga kembang sepatu, lalu lekatkan langsung pada bagian yang terkena bisul. Lakukan 2 kali sehari sebanyak yang diperlukan.

Demikian adalah sedikit penjelasan tentang manfaat dan cara penggunaan tanaman bunga sepatu untuk kesehatan, semoga dapat bermanfaat bagi yang mencari obat alami dari alam.

Teima kasih sudah berkunjung di blog saya, kritik dan saran saya persilahkan, mohon untuk dishare artikel ini, agar dapat bermanfaat untuk orang lain juga.