Manfaat Tanaman Bayam Duri Obat Asma

Manfaat Tanaman Bayam Duri Obat Asma

TANAMAN- Manfaat tanaman bayam duri obat asma. bayam berduri memiliki nama latin amaranthus spinosis I, bayam berduri sama halnya dengan bayam lainnya, cuma yang membedakannya pada bayam berduri pohonnya memiliki duri. ditanah terbuka dengan bernaung pada rindangnya pepohonan besar, kita melanjutkan perjalanan untuk menelusuri daerah yang bertanah agak lembab. di pemukiman baru yang berlum dihuni, biasanya tanah bagian belakang serting bertumpuk sisa bahan bangunan yang sudah tidak terpakai lagi.

Pada tanah seperti itulah biasanya sering kita temukan banyak tumbuhan yang dinamakan bayam duri (amaranthus spinosis I). tumbuhan ini satu rumpun dengan bayam sayur. bedanya, bayam duri ini tidak dibudidayakan karena tumbuhan ini banyak mempunyai duri keras yang tumbuh pada bagian buku-buku dibawah ketiak daun, bahkan diantara tangkai bunganya.


Air rebusan pucuk atau tangkai daun muda berikut bunganya sangat bermanfaat untuk meringankan atau bahkan menyembuhkan asma atau sesak nafas.

Caranya, petik beberapa lembar daun dan bunganya lalu cuci yang bersih. kemudian rebus dengan tiga gelas air sampai menjadi dua gelas. setelah dingin lalu disaring dan diminum dua kali sehari, pada pagi dan sore hari.

KANDUNGAN BAYAM DURI

Amarantin, rutin, spinasterol, hentriakontan, tanin, kalium nitrat, kalsium oksalat, garam fosfat, zat besi, serta vitamin.

MANFAAT BAYAM DURI

Bayam duri, terkadang dianggap sebelah mata. Di bandingkan bayam sayur biasa, meski rasanya sama, tumbuhan ini jarang disentuh. Padahal, banyak yang tidak menyadari, selain enak, tumbuhan ini penuh khasiat, menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti disentri, bisul, keputihan, gangguan pernafasan, bronchitis, serta mperlancar dan memperbanyak produksi ASI. Tanaman ini juga mempunyai sifat masuk meridien jantung dan ginjal. Menghilangkan panas (anti piretik), peluruh kemih (diuretik), menghilangkan racun (anti-toksin) menghilangkan bengkak, menghentikan diare dan membersihkan darah. Tanaman ini juga bersifat : Rasa manis, pahit dan sejuk.

Demikian artikel tentang manfaat tanaman bayam duri untuk kesehatan. mohon untuk share artikel ini agar dapat bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan informasi tanaman obat. terima kasih sudah berkunjung.