Manfaat Daun Asam atau Jukut Calincingan Obat Sariawan

Manfaat Daun Asam atau Jukut Calincingan Obat Sariawan

Manfaat Daun Asam atau Jukut Calincingan Obat Sariawan

TANAMAN- manfaat tanaman daun asam atau jukut calincingan obat sariawan. tanaman ini mungkin terdengar asing bagi anda yang tinggal didaerah perkotaan, atau anak jaman sekarang tidak akan tahu dengan tanaman ini daun asam atau jukut calincingan, kenapa begitu ? karena tanaman ini bukan untuk dibudidayakan. tanaman ini tumbuh liar di manapun ataupun diperkarangan rumah anda.

Baik sekarang kita menelusuri lagi daerah lembab, tapi tanahnya berbatu-batu. lebih tepatnya tanah lereng yang berbatu-batu dekat aliran air. biasanya di tanah lereng yang berbatu seperti ini, banyak ditumbuhi tumbuhan merumpun, merambat, dan lumut.

Ditanah itu kita akan menemukan sejenis tumbuhan kecil yang merambat diatara bebatuan. itulah tumbuhan yang dinamakan daun asam / jukut calincingan. nama latin dari daun asam adalah oxalis corminaculata.

Tumbuhan ini berdaun majemuk berjari tiga dan anak daun berbenruk panjang. bunganya berwarna kuning dan terdapat pada ketiak daun, tersusun dalam rangkaian berupa payung. buahnya lonjong dan pada bagian ujungnya berbentuk paruh.

Tumbuhan ini memiliki tangkai daun panjang dan berbulu halus. apa manfaat tumbuhan yang sepintas dapat kita golongkan sebagai tumbuhan gulma ini ? cobalah petik beberapa rumpun tumbuhan ini. setelah itu dicuci bersih lalu tumbuh sampai halus. kemudian seduh dengan air hangat, saring airnya, kemudian gunakan airnya untuk obat berkumur untuk menyembuhkan sariawan atau bau mulut. selain itu dapat juga digunakan untuk obat tetes mata guna menghilangkan rasa gatal.

Demikian manfaat dari manfaat tanaman daun asam atau jukut calincingan, mohon untuk share artikel ini agar bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan informasi mengenai tanaman obat. jangan lupa untuk tinggalkan saran dan kritik di dalam komentar.