Cara Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia

Cara Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia

KESEHATAN - cara mengatasi susah tidur atau insomnia. assalamualaikum, selamat malam untuk sahabat Mas Genli dimanapun berada, semoga hari ini menjadi hari yang menyenangkan, amin ya rabbal alamin. susah tidur itu biasnya terjadi pada orang yang sudah berumur 20 tahun keatas, itu menurut Mas Genli. karena semakin bertambah umur maka semakin susah untuk tidur. itu biasanya karena sesuatu hal atau sedang memikirkan hal yang belum tuntas, yang membuat susah sekali untuk tidur.

Apa itu insomnia ?

Insomnia adalah suatu gangguan kesehatan yang menyebabkan seseorang susah untuk tidur. gejala atau gangguan susah tidur ini paling banyak yang mengalaminya adalah wanita dibandingkan pria. karena perubahan hormon pada usia 50 tahun keatas. anda bisa lihat kakek atau nenek anda pasti susah sekali tidur bukan. seiring dengan bertambahnya usia mempengaruhi hormon dalam tubuh.

Apa penyebab seseorang insomnia ?

Ada beberapa faktor mungkin yang menyebabkan seseorang menjadi insomnia atau susah tidur. hal yang paling mungkin menjadi penyebab seseorang insomnia adalah mungkin karena banyak beban pikiran, stress, atau masalah yang tidak dapat diselesaikan. insomnia terkadang hanya bersifat sementara, jika anda susah tidur salama seminggu perlu sekali cek ke dokter karena takut itu menjadi insomnia akut. ada pula seseorang insomnia itu karena gaya hidup misalkan anda dituntut untuk bekerja malam hari, itu diwajibkan anda untuk tidak tidur malam hari seperti pekerjaan pilot.

Adapun beberapa faktor psikologis dan lingkungan sekitar yang juga turut mempengaruhi seseorang menjadi insomnia. misalkan anda berada dibawah tekanan yang sangat besar seperti, meninggalnya salah satu anggota keluarga atau juga anda masih mengganggur dan tidak mendapatkan pekerjaan. adapula beberapa penyakit yang membuat seseorang menjadi insomnia adalah penyakit, asma, penyakit asam lambung,

Gejala umum insomnia

Insomnia memiliki gejala umum yaitu seseorang kekurangan mutu atau kualitas tidur. biasanya seseorang akan terbangun tengah malam dan tidak bisa tidur kembali. kepala akan menjadi pusing itu adalah hal yang umum terjadi saat terbangun tengah malam. pada umumnya yang menderita insomnia pada siang hari akan merasa lelah dan kurang menjaga suasana hati bisa dibilang emosian. jika hal ini terus berlanjut maka akan menurunkan tingkat kosentarsi dan daya ingat.

Banyak sekali seseorang yang mengalami insomnia dan cara mengatasinya salah yaitu dengan cara meminum obat tidur, atau obat penenang. sebetulnya ada cara yang lebih baik agar bisa menghilangkan cara susah tidur, Mas Genli akan sedikit memberikan tips yang menurut Mas Genli ini berhasil. silahkan simak dibawah ini :

1. Mandi dengan air hangat

Dengan mandi dengan air hangat akan membuat tubuh akan menjadi rileks dan urat-urat tidak menjadi tegang. hal ini akan membuat anda lebih nyaman untuk tidur. mandilah setelah anda pulang bekerja, setelah mandi langsung tidur. pasti anda akan tidur pulas.
2. Matikan benda elektronik

Sebelum tidur lebih baik cek handphone anda, jika masih hidup silahkan dimatikan agar tidak mengganggu kenyamanan tidur anda. atau elektronik lainnya yang membuat kenyamanan tidur terganggu.

3. Hindari minuman mengandung kaffein

Lebih baik hindari minuman yang mengandung kaffein, apa minuman yang mengandung kaffein yaitu kopi. kaffein yang terkadung dalam kopi sangat tinggi sehingga seseorang susah sekali untuk tidur. apa itu kaffein ? kaffein adalah senyawa alkaloid xantina berbentuk kristal dan berasa pahit yang bekerja sebagai obat perangsang psikoaktif dan diuretik ringan.

4. Hindari makan malam yang berat

Makan berat dan susah sekali untuk dicerna akan membuat seseorang akan terasa kenyang lebih lama sehingga membuat tidak nyaman untuk tidur. seperti halnya makan makanan nasi goreng, atau yang lainnya.

Itu diatas menurut Mas Genli mengenai cara mengatasi susah tidur atau insomnia. susah tidur memang sangat-sangat menyebalkan dan tidak membuat nyaman sekali untuk kita sendiri. sudah tahu bukan jika kita kekurangan kualitas waktu tidur maka efeknya siang hari atau di pagi hari akan menjadi mengantuk yang sangat-sangat tidak tertahankan.

Terima kasih sudah berkunjung di blog Mas Genli. kritik, saran atau pendapat silahkan tinggalkan di kolom komentar. mohon untuk share artikel ini agar dapat bermanfaat bagi orang lain. terima kasih sudah berkunjung Mas Genli ucapkan terima kasih wassalamualaikum wr wb.