3 Obat Diare Tradisonal Paling Ampuh

3 Obat Diare Tradisonal Paling Ampuh

KESEHATAN- 3 Obat Diare Tradisional Paling Ampuh. penyakit diare itu bisa menyerang siapa saja, bisa menyerang pada anak-anak bahkan orang dewasa. jika seseorang yang terkena penyakit ini pastis rasanya tidak enak banget, jika diare dibiarkan begitu saja dan tidak diobati maka akan berdampak pada kesehatan tubuh. biasanya tubuh akan lemas dan seperti kekurangan cairan, kasus yang banyak sekali ditemukan adalah pada anak pada usia kurang dari 2 tahun yang sering sekali terkena penyakit diare. di usia yang masih muda itu mudah sekali terserang virus yang menjadi penyebab penyakit diare.

APA ITU DIARE ?

Mungkin banyak orang yang belum tahu apa itu diare, nah mas genli akan sedikit menjelaskan mengenai apa itu diare. Diare adalah kondisi dimana seseorang mengalami rasa buang air besar yang frekuesinya lebih dari tiga kali dalam 24 jam dengan bentuk feses yang  lebih encer. Pada saat diare, tubuh akan terasa lemas dikarenakan  kehilangan cairan dan elektrolit secara cepat dan usus pun akan  kehilangan kemampuannya untuk menyerap cairan dan elektrolit yang diberikan.

PENYEBAB DIARE

Banyak yang mungkin atau mengira kena penyakit diare itu disebabkan makan makanan pedas, sebetulnya bukan itu penyebab seseorang terkena diare adalah disebabkan oleh virus, bakteri atau kuman yang menyerang usus yang mengakibatkan infeksi. nah infeksi tersebutlah yang membuat terjadinya diare pada anak-anak bahkan orang tua, hal ini mengakibatkan anak buang air besar hanya mengeluarkan cairan saja selama 24 jam bahkan bisa lebih dari 3 kali. 

JENIS DIARE PADA ANAK

1. DIARE AKUT
Diare cair akut adalah diare pada anak yang  berlangsung kurang lebih selama 14 hari. Diare ini ditandai dengan pengeluaran feses yang cair dengan frekuesi sering tetapi tidak sampai mengeluarkan darah. Selain itu Diare cair akut dapat pula disertai dengan muntah maupun demam. Diare jenis ini sangat berbahaya bagi anak karena anak mengalimi dehidrasi dalam waktu yang lama yang bila tidak segera ditangani dengan cepat  dapat mengakibatkan kematian pada anak.

2. DIARE DISENTRI
Diare disentri adalah infeksi pada usus yang membuat penderita diare akan mengeluarakn feses yang disertai darah atau lendir. Pada anak yang menderita diare disentri ini akan mengakibatkan anak kehilangan nafsu makan, berat badan turun dengan drastis, dan akan terjadi kerusakan mukosa usus karena bakteri

3. DIARE PERSISTEN
Diare persisten adalah  diare akut yang berlanjut lebih dari 2 minggu. Diare persisten ini sangat sering mengenai anak dibawah 2 minggu Diare ini adalah diare lanjutan akibat pengaruh dari diare yang terjadi sebelumnya, baik itu diare akut dan diare disentri. Karena  kerusakan yang terjadi sangat  parah pada mukosa usus dan lambatnya kesembuhan dari kerusakan tersebut, maka akan menyebabkan gangguan dalam penyerapan gizi atau nutrisi yang sangat diperlukan tubuh.

GEJALA DIARE PADA ANAK

Gejala diare itu paling umum adalah buang air besar berupa cairan dan itu selama 24 jam 3 kali sehari bahkan lebih. adapun gejala lainnya adalah menurunya nafsu makan, dan bahkan badan akan terasa lemas dan tidak memiliki tenaga.Pada diare ringan sampai sedang, anak akan gelisah, rewel, air mata berkurang, sering merasa haus, urin berkurang dan akan menjadi pekat, mata menjadi cekung, dan lemas pada tubuh. Untuk diare yang berat maka  anak akan mengalami penurunan kesadaran dan tidak  responsive, tidak mau untuk minum, air mata tidak ada, mata terliha sangat cekung, mulut akan sangat kering, dan produksi  urin sangat sedikit

CARA MENGOBATI DIARE SECARA ALAMI

Lagi-lagi alam sudah menyediakan apa yang menjadi kebutuhan kita semua, sampai hal juga untuk pengobatan. yang sering sekali kita jumpai adalah jambu biji yang sudah terkenal ampuh mengobati diare, adapula buah salak juga memiliki khasiat yang ampuh mengobati diare dan buah sawo muda itu juga bermanfaat untuk pengobatan diare pada anak. untuk lebih jelasnya silahkan baca dibawah ini:

1. JAMBU BIJI
Sudah tidak dipungkiri jambu biji kalau bahasa jawa adalah jambu klutuk, buah ini dari dulu dipercaya berkhasiat untuk mengobati diare. caranya adalah dengan memakan buah jambu biji 3 kali sehari untuk meredakan diare.

2. SALAK
Buah salak yang rendah serat sebenarnya bisa menyebabkan sembelit. tetapi buah salak juga bermanfaat untuk mengobati diare, Kandungan yang rendah serat yang dimilikinya buah salak membuat  buah ini bias  mengeraskan feses yang cair sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi bagi anak yang menderita diare. Jika mengkonsumsi  salak maka penderita diare akan mengalami sembelit sehingga feses tidak berbentuk cair lagi. caranya adalah makanlah buah salak yang masih terasa sepat, jangan yang terasa manis makan buah tersebut 3 kali sehari. untuk menyumbat diare.

3. BUAH SAWO MUDA
Buah sawo muda memiliki rasa sepat seperti buah jambu biji dan buah salak. nah rasa sepat pada buah sawo muda ini bermanfaat untuk mengobati diare, dan akan menyumbat fases. caranya adalah sediakan 1 sendok garam dan air hangat secukupnya. Ambil buah sawo muda dan haluskan sampai sangat halus dengan menggunkan blender. Setelah itu campurkan garam, air hangat  dan sawo muda yang telah halus kedalam gelas dan diaduk sampai rata kemudian minumkan pada anak anda sampai setiap hari sampai diare sembuh.

Hanya itu yang bisa mas genli tulis mengenai obat diare pada anak atau orang dewasa. kritik dan saran silahkan tinggalkan di kolom komentar. mohon untuk share artikel ini agar bermanfaat bagi orang lain. saya ucapkan terima kasih wassalamualaikum wr wb.