Khasiat Kumis Kucing Obat Ginjal

Khasiat Kumis Kucing Obat Ginjal

Kumis Kucing merupakan tanaman obat yang sudah dikenal oleh masyarakat sejak lama. Sejak jaman dahulu tanaman kumis kucing sudah dikenal sebagai tanaman herbal. Kumis kucing memiliki nama latin Orthosiphon Aristatus dan termasuk tanaman dari famili Lamiaceae/Labiatae. Kumis kucing juga biasa digunakan sebagai tanaman hias, karena tanaman ini memiliki bunga yang sangat indah.

Kandungan senyawa dalam kumis kucing diantaranya adalah minyak atsiri, sapofonin, mioinositol, sinensetin, orthosiphonin glikosida, saponin, garam kalium, dan zat samak. 

Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus)


Tanaman Kumis kucing dipercaya sebagai tanaman obat herba yang sangat mujarab. Sebagai obat tradisional, kumis kucing dapat membantu untuk mengatasi masalah penyakit asam urat, batu ginjal, membersihkan saluran kencing, mengatasi rematik, sakit pinggang dan menurunkan tekanan darah.

Tanaman kumis kucing memang lebih terkenal ampuh untuk mengobati batu ginjal. Batu ginjal diawali dengan volume kencing yang tidak teratur atau berkurang dengan warna merah keruh, dan ada juga yang bercampur darah karena adanya penyumbatan pada saluran kencing. Gejala tersebut biasanya disertai juga dengan demam, sakit pinggang, perut buncit dan bengkak pada pelupuk mata serta kaki

Orang Indonesia biasa menggunakan Kumis Kucing dengan cara merebus daunnya dan pucuk batang yang masih muda, dan meminum air rebusan tersebut.