Mencoba Ternak Semut Rang-Rang Hasilnya Kegagalan

Mencoba Ternak Semut Rang-Rang Hasilnya Kegagalan

Assalamualaikum wr wb, Mencoba Peruntungan di bidang peternakan tapi tanpa modal sama sekali, hal itu yang pertama kali yang terlintas di pikiran saya bagaimana menghasilkan uang tanpa harus mengeluarkan modal sama sekali tapi bisa menghasilkan hingga jutaan sampai puluhan juta rupiah. sungguh mustahil bukan bisa menghasilkan uang jutaan tanpa modal sepersenpun. karena rasa niat dan tekad yang sudah bulan saya mencoba mencari peluang usaha melalui internet, saya cari di google " peluang usaha tanpa modal sama sekali " ternyata disana ada banyak sekali peluang usaha yang ditawarkan, salah satu contohnya saja ternak semut rang-rang.

Berbekal informasi dari internet saya mencoba untuk melakukan atau mencoba ternak semut rang-rang, kenyataannya itu tidak semudah praktek dilapangan, susah banget untuk mengambil semut rang-rang sekaligus sangkarnya, resiko yang pasti dihadapi adalah menahan perih ketika digigit semut rang-rang. memang saya akui gigitan semut rang-rang itu tidak membuat bentol-bentol seperti semut merah tapi perihnya itu yang tidak tahan. 
semut rang-rang

Setelah saya mendapatkan satu sangkar semut rangrang dan saya masukkan dalam plastik, kemudian saya bawa pulang dengan menahan rasa sakit digigit semut rang-rang. sesampai dirumah saya sudah menyiapkan rak khusus untuk pemindahan semut rang-rang yang diatasnya diberikan botol plastik atau toples yang sudah dilobangi kecil dan diberi lakban agar gelap didalamnya. ternyata proses pemindahan semut rang-rang itu cukup sulit dan tidak mudah, butuh waktu dua hari agar semut rang-rang pindah ke rumah buatan yang baru. dan kendala yang dihadapi lainnya ternyata adalah berkurangnya koloni ketika pada saat pertama kali mengambilnya. Setelah itu toples yang sudah terisi dengan semut rangrang yang sedikit itu saya pindahkan ke rak khusus dan disana sudah saya siapkan makanan seperti ulat hongkong dan air minum yang diberi sedikit gula, karena informasi yang saya dapatkan dari internet bahwa semut rang-rang menyukai yang manis-manis tapi jangan terlalu manis itu akan membunuh semut rang-rang tersebut, seperti pepatah " ada gula pasti ada semut" benar jug aitu pepatah heheheh.

Karena Minimnya Pengetahuan dan hasil dari mencoba-coba ternyata semut rang-rang dalam toples makin hari makin berkurang loh koq bisa ? nah itu menjadi permasalahan baru ternyata cicak itu suka sekali memakan semut habis sudah semut rang-rang dimakan sama cicak-cicak diddinding. memutar otak bagaimana caranya semut rang-rang tidak dimakan sama predator seperti cicak itu yang paling penting, setelah beberapa menit saya mencoba mengakalinya dengan cara rak yang saya buat tidak  menempel dan agak jauh dari dinding, dan ternyata itu berhasil, cicak tidak lagi memakan ternak semut rang-rang saya. masalah bukan berhenti disitu saja selang beberapa hari banyak sekali semut yang mati disekitar toples atau sarang buatan, apa yang membuat semut rang-rang menjadi mati begini ? mencoba berfikir keras apa yang terjadi dan saya perhatikan ruangan ternak rang-rang itu lembab dan udara kurang masuk tertutup, mungkin ini penyebab utama kenapa semut rang-rang pada mati semuanya. 

Setelah merombak dan memberi angin-anginan agar udara bisa masuk dan ruangan tidak lembab dan udara segar bisa masuk saya mencoba kembali mencari semut rang-rang di sekitar lingkungan rumah dan mendapatkan satu sarang sebagai eksperimen, seperti biasanya ketika sudah mau masuk ke rumah baru maka saya pindah toplesnya ke rak yang sudah saya sediakan dan ternyata apa yang terjadi ? yang membuat saya kaget adalah semut rang-rang yang baru itu berkelahi dengan semut rang-rang yang masih ada sisa sedikit di toples tersebut, jika semut sampai berkelahi maka salah satu pasti akan ada yang tewas, itu jeleknya semut rang-rang.

Ternyata cukup sulit untuk memulai usaha ternak semut rang-rang tidak semudah ekpetasi yang orang bilang, mungkin karena kurangnya informasi mengenai ternak semut rang-rang hal inilah yang membuat saya gagal ternak rang-rang. seandainya berhasil pasti setiap bulan bisa mengantongi uang jutaan rupiah dari ternak semut rang-rang. bayangkan saja harga kroto atau telur semut rang-rang itu hingga mencapai ratusan ribu perkilonya, siapa yang tidak tergiur untuk ternak semut rang-rang. 

Mungkin bukan dunia saya untuk ternak semut rang-rang, karena ternak apapun itu harus telaten dan ulet untuk mengurusnya agar berhasil, nah saya kan orangnya tidak tekun dan ulet hal inilah yang membuat saya gagal ternak semut rang-rang. sekedar saran untuk teman-teman jika ingin usaha belajar usaha yang memang sudah menjadi fashion teman-teman bukan ikut-ikutan orang lain hasilnya maka akan zonk seperti saya ini gagal.