Obat Panu Alami Menggunakan Lengkuas

Obat Panu Alami Menggunakan Lengkuas

TANAMAN- Manfaat beragam tanaman lengkuas obat panu, tanaman lengkuas merupakan tanaman berbatang semu dengan ketinggian mencapi 2 m. daun pada tanaman lengkuas berbentuk lanset, bagian tepi berwarna putih bening sedangkan bagian bagian tengah berwarna hijau. lengkuas memiliki bunga berwarna putih kehijauan, berkelompok membentuk tandan yang terbentuk di ujung batang yang dilengkapi dengan daun pelindung. rimpang jika patahkan akan memberikan aroma khas.

Tanaman lengkuas ini dapat tumbuh didaerah tropis maupun subtropis dengan ketinggian mencapai 1.200 m di atas permukaan laut. tanaman ini tumbuh baik di daerah terbuka sampai pada tempat yang agak terlindung. untuk perkembangbiakkan dengan metode rimpang yang telah tua dan bertunas.

Kandungan kimia yang terdapat pada tanaman lengkuas adalah Tanaman yang satu ini banyak mengandung senyawa kimia yang sangat baik untuk tubuh. Buahnya juga mengandung caryophyllene oxide, caryophyllene 1, 2, isorhamnetin, kaemferide, galangin, dan galangin 3. sedangkan pada bagian rimpangnya mengandung asiri sebanyak 2%, metilsinamat, sineol, kafer, eugenol, galangol, dan juga galangol. 

Lengkuas jug amemiliki manfaat untuk kesehatan yaitu dapat mengobati panu, kurap, dan sakit perut. untuk caranya silahkan simak dibawah ini :

OBAT PANU
CARA : Rimpang lengkuas ditumbuk halus, tambahkan sedikit garam lalu gosokkan pada kulit yang sakit.

OBAT KURAP
CARA : Rimpang lengkuas ditumbuk halus, tambahkan bawang putih dan air jeruk nipis secukupnya. campurkan dan gosokkan pada kulit yang sakit.

OBAT SAKIT PERUT
CARA : Lengkuas setengah rimpang diparut dan diperas airnya, tambahkan sedikit garam dan air matang secukupnya. minum larutan tersebut sehari sekali.

Adapun manfaat lengkuas untuk mengbati penyakit lainnya seperti mentralisir racun, menurunkan panas, menghilangkan rasa sakit, obat jamur, menyegarkan tubuh, memperkuat sistem lambung, dan juga meningkatkan nafsu makan (stomakik) seseorang.

Demikian adalah manfaat dari tanaman lengkuas untuk kesehatan, terima kasih sudah berkunjung. untuk saran dan kritik saya persilahkan. mohon untuk dishare semoga dapat bermanfaat bagi semua yang membutuhkan tentnag ilmu pengetahuan tentang obat herbal alami dari tanaman.