Tanaman Kecibeling Obati Penyakit Disentri

Tanaman Kecibeling Obati Penyakit Disentri

TANAMAN- khasiat tanaman kecibeling obat disentri. siapa disangka tanaman yang tumbuh liar dan tidak terawat memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. mungkin banyak orang yang tidak tahu akan tanaman kecibeling atau remek daging, apalagi anak muda jaman sekarang sudah dipastikan tidak mengetahui tanaman obat. padahal tanaman obat ini lebih baik untuk pengobatan karena tidak mengandung efek samping yang berlebihan dibandingkan obat terbuat dari bahan kimia.

Jika seandainya ada tanaman yang tumbuh liar di perkarangan rumah anda lebih baik di teliti terlebih dahulu, siapa tahu itu tanaman obat. tanaman kecibeling biasanya tumbuh secara liar dan bisa ditemukan pada daerah semak-semak terbuka banyak tumbuhan merambat, batang dan daunnya berbulu. tumbuhan ini bernama kecibeling atau remek daging. tanaman ini memiliki nama latin yaitu hemigrafis alternata (burm .f) t. aders.

Tanaman kecibeling memiliki panjang batang mencapai 75 cm, bentuk daunnya bulat seperti telur, berwarna hijau tua kemerahan pada permukaan dan hijau kelabu pada bagian bawahnya. bunga pada kecibeling kecil dan gepeng berwarna putih dalam rangkaian berupa butir yang tumbuh pada ketiak daun dan berbiji gepeng. kecibeling buahnya jarang sekali ditemukan orang, sehingga cara membudidayakan tumbuhan ini cukup dengan stek batang.


Manfaat lainnya untuk kesehatan tanaman kecibeling adalah air rebusan daunnya berkhasiat untuk melancarkan air seni, obat disentri, dan wasir. caranya, petik beberapa daun kecibeling lalu dicuci bersih kemudian direbus dengan 3 gelas air. setelah mendidih jadikan menjadi 2 gelas air. setelah dingin, saring dan minum 2 kali sehari. pada pagi dan pada malam saat menjelang tidur.

Demikian adalah manfaat dari tanaman kecibeling untuk kesehatan, mengobati obat disentri. mohon untuk di share artikel ini agar dapat bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan informasi mengenai tanaman obat. terima kasih sudah berkunjung.