Brotowali, si Pahit yang bermanfaat bagi kesehatan

Brotowali, si Pahit yang bermanfaat bagi kesehatan

Tanaman Brotowali


Brotowali atau Bratawali adalah tanaman obat tradisional Indonesia yang biasa ditanam di pekarangan atau tumbuh liar di hutan. Tanaman ini sering disebut juga dengan nama akar aliali. Nama ilmiah dari tanaman Brotowali adalah Tinospora cordifolia.

Rebusan batang Brotowali terasa sangat pahit namun meskipun pahit, brotowali tetap banyak digunakan karena memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari Tanaman Brotowali.


1. Mengatasi gejala rematik
Salah satu manfaat brotowali yang banyak dikenal adalah dapat mengatasi gejala rematik. Rematik atau Artritis reumatoid merupakan peradangan kronis yang terjadi pada sendi yang umumnya menyerang bagian tangan dan kaki. Gejala yang ditimbulkan adalah rasa nyeri, kesemutan, hingga pembengkakan. Tidak ada obat untuk mengobati rematik, obat hanya digunakan untuk menurunkan gejalanya saja.

2. Mengobati Diabetes/ gejala kencing manis
Brotowali dapat digunakan sebagai obat diabetes karena dapat meningkatkan produksi insulin dan memicu penyerapan glukosa ke otot. Brotowali tidak hanya sebagai pengobatan penyakit diabetes saja, tetapi juga dapat digunakan sebagai pencegahan penyakit diabetes Jika sudah ketahui gejala tingkat gula darah naik. Maka perlu dilakukan tes pemeriksaan gula darah untuk mencegah penyakit diabetes. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?
 
3. Membantu menurunkan panas/demam
Manfaat yang lain brotowali adalah dapat membantu menurunkan panas/demam. Panas/demam adalah kondisi di mana tubuh sedang melawan infeksi mikroorganisme patogen, dimana umumnya akan memicu kenaikan suhu tubuh atau demam. Dibutuhkan jenis obat antipiretik untuk dapat membantu menormalkan suhu tubuh kembali. Karena hal itulah Brotowali sering digunakan sebagai obat penurun demam karena dipercaya memiliki efek antipiretik serta analgesik atau pereda nyeri.

4. Menambah nafsu makan
Brotowali dipercaya ampuh untuk meningkatkan nafsu makan. Nafsu makan yang menurun dapat menyababkan kekurangan nutrisi dan memicu timbulnya berbagai penyakit. Mengonsumsi air rebusan daun dan batang Brotowali dipercaya dapat meningkatkan kembali nafsu makan sehingga Anda pun dapat tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.


Namun demikian tidak dianjurkan mengkonsumsi Brotowali secara berlebihan dan jangka panjang karena belum diketahui secara pasti efek samping yang ditimbulkan.

Penggunaan Brotowali pada ibu hamil, ibu menyusui, wanita yang ingin hamil, dan anak-anak juga tidak disarankan karena belum dapat dipastikan keamanannya. Penggunaan pada ibu hamil diduga dapat memicu gangguan pada janin. Maka dari itu, jika memiliki kondisi kesehatan tertentu sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi menggunakan brotowali.