Cara Mengubah HTTP Menjadi HTTPS Blogger

Cara Mengubah HTTP Menjadi HTTPS Blogger

BLOG - cara mengubah http ke https costum domain blogger. assalamualaikum, selamat pagi menjelang siang bagi sahabat nilam dimanapun berada, semoga hari minggu ini menjadi hari yang berkah. di hari minggu pasti anda semua istirahat dirumah atau pergi joging tadi pagi, wajar saja itu adalah hal yang dilakukan seseorang yang sibuk bekerja full sampai hari jumat atau sabtu.

Kembali lagi ke inti permasalahan, nilam kali ini akan membahas tentang cara mengubah http ke https khusus costum domain. jadi yang mempunyai blog yang membuat di blogger biasanya kalau dibelikan domain menjadi .com, .net, .org dan lain sebagianya, sudah tentu perlu sekali di setting agar menjadi https. jika tidak di setting maka blog ketika di buka di browser maka masih menggunakan http, adapun keuntungan mengubah http ke https, untuk lebih jelasnya silahkan baca dibawah ini :

keuntungan menggunakan https

  • keuntungan yang pertama yang pastinya adalah blog akan menjadi lebih secure, artinya terlindungi dari ancaman hacker, atau orang-orang yang jahil terhadap blog anda sendiri. 
  • pengguna internet merasa aman dan tidak merasa takut karena https adalah salah satu bukti bahwa aman untuk di buka. 
  • menimbulkan kepercayaan kepada pengguna internet bahwa situs tersebut tidak mengandung virus atau malware yang membahayakan seseorang untuk berkunjung di blog tersebut. 
  • jika blog di pasang google adsense, ini akan menambah nilai bpk. 
Itu adalah keuntungan menggunakan https, dibandingkan tidak menggunakan https. jadi lebih baik untuk menggunakan https jika belum menggunakannya. pada blogger disini ada dua macam template yaitu template yaitu template non amp dan template amp. untuk merubah https pada blog yang menggunakan template amp tentu perlu berhati-hati, kenapa perlu berhati-hati ? itu karena terkadang di google webmaster tools ketika submit itu harus merubah terlebih dahulu ke https bukan http pada sitemap terutama, jika tidak dirubah maka akan terjadi error. sangat disayangkan bukan.

Sedangkan untuk yang menggunakan template non amp tidak perlu lagi untuk merubah http menjadi https di sitemap google webmaster tools, karena jika sudah terindek maka akan dengan sendirinya akan berubah, sangat berbeda dengan menggunakan template amp.

Untuk mengubah http ke https pada blogger terutama untuk blog costum domain, jika blogger sendiri sudah menggunakan https. untuk lebih jelasnya silahkan simak dibawah ini :

cara merubah http ke https costum domain di blogger

yang pertama adalah silahkan login terlebih dahulu ke draft.blogger.com atau lebih cepat klik login
kemudian yang kedua adalah masuk ke menu setelan/ setting >> klik menu dasar >> Https >> pilih ketersediaan Https >> pilih Ya.


jika sudah dirubah, langkah selanjutnya adalah anda harus merubah http menjadi https di bagian template atau tema, caranaya klik tema / template >> edit template >> silahkan cari http jika sudah ketemu rubah menjadi https. terlebih dahlu untuk backup template agar menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. untuk lebih cepat mengubahnya dan mencarinya caranya adalah tekan CTRL + F, itu berfungsi untuk membantu anda agar cepat menemukan http.

Cukup mudah dan simpel bukan untuk merubah http ke https untuk blog costum domain. jadi ada yang bilang harus menunggu beberapa bulan untuk mendapatkan https, itu sudah jelas anda dibohongi orang tersebut. karena sejujurnya tanpa harus menunggu lama, anda bisa merubah blog http ke https, setelah costum domain di blog.

Terima kasih sudah berkunjung di blog nilam. kritik, saran atau pendapat silahkan tinggalkan di kolom komentar. mohon untuk share artikel ini agar dapat bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkannya. nilam ucapakan terima kasih wassalamualaikum wr wb.