4 Khasiat Tanaman Bunga Mahkota Dewa

4 Khasiat Tanaman Bunga Mahkota Dewa

BUNGA- Apa manfaat tanaman bunga mahkota dewa ?, sudah tentu setiap tanaman yang tumbuh di bumi ini pasti memiliki manfaat masing-masing, cuma kita saja yang tidak mengetahuinya itu semua rahasia sang pencipta alam semesta. bunga mahkota dewa, kenapa diberi nama seperti mahkota dewa itu karena bunganya menyerupai mahkota.

Bunga mahkota dewa ( Phaleria macrocarpa ) ini berasal dari tanah papua lebih tepatnya pulau irian jaya. tanaman ini memiliki tinggi bisa mencapai 3 meter, berbatang kayu pendek dan bercabang banyak. Buah mahkota dewa ini bulat, diameter 3-5 cm, permukaan licin, beralur, berwarna merah menyala dan ketika muda berwarna hijau, yang tumbuh di batang utama hingga ranting. Daging buah berwarna putih, berserat dan berair, biji bulat, keras, berwarna coklat. Berakar tunggang dan berwarna kuning kecoklatan. Perbanyakan dengan cangkok dan bijinya. Daun bulat panjang, daun tunggal bertangkai pendek, runcing, menyirip dan rata, berwarna hijau tua, panjang 7-10 cm, lebar 2-5 cm. Bunga muncul sepanjang tahun, tersebar dibatang atau ketiak daun, berwarna putih.

Perlu di ingat bahwa bunga mahkota dewa memang memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan, akan tetapi bunga ini memiliki kandungan racun, yang menyebabkan mabuk, kejang. perlu kehati-hatian untuk menggunakan tanaman mahkota dewa untuk pengobatan, gunakan takaran yang tidak berlebih.

KANDUNGAN ATAU SIFAT KIMIA BUNGA MAHKOTA DEWA

Kandungan kimia yang terdapat pada tanaman bunga mahkota dewa adalah seperti alkaloid, saponin, flavonid, dan polifenol. ketiga kandungan tersebut memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, untuk penjelasan silahkan simak dibawah ini:

1. SAPONIN
 Saponin yang bermanfaat sebagai :sumber anti bakteri dab anti virus, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan vitalitas, mengurangi kadar gula dalam darah, dan mengurangi penggumpalan darah.

2. ALKALOID
bersifat detoksifikasi yang dapat menetralisir racun di dalam tubuh.

3. FLAVONID
Flavonid ini berfungsi untuk melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah, mengurango kandungan kolesterol serta mengurangi penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah, mengurangi kadar resiko penyakit jantung koroner, berfungsi sebagai anti-oksidan, membantu mengurangi rasa sakit jika terjadi pendarahan atau pembengkakkan.

4. POLIFENOL
Untuk polifenol sendiri berfungsi sebagai anti histamin (anti alergi).

KHASIAT TANAMAN MAHKOTA DEWA UNTUK KESEHATAN

Adapun khasiat dan manfaat bunga mahkota dewa untuk kesehatan dapat mengobati penyakit seperti kanker dan tumor, hepatitis, rematik dan asam urat, dan diabetes militus. untuk penjelasannya silahkan simak dibawah ini :

1. DIABETES MILITUS
Bunga mahkota dewa juga bermanfaat untuk mengobati penyakit gula seperti diabetes. penyakit yang terbilang penyakit berbahaya ini dapat diobati dengan cara alami menggunakan bunga mahkota dewa. caranya bunga  mahkota dewa matang sebanyak 5-6 buah, lalu iris tipis dengan menggunakan pisau dan cuci bersih.Rebus bahan yang telah diiris dalam 5 gelas air sampai mendidih dan biarkan air rebusan tersisa sampai 3 gelas, lalu saring air rebusan dan dinginkan Minum air rebusan 3x sehari.

2. REMATIK DAN ASAM URAT
Jika anda memiliki penyakit asam urat tidak salahnya mengobati dengan cara alami yaitu dengan bunga mahkota dewa. caranya adalah 5 gram irisan daging buah mahkota dewa dan 15 gram akar sidaguri, 10 gram sambiloto kering, cuci bersih semua bahan. Rebus dengan 5 gelas air sampai tersisa 3 gelas, saring dan dinginkan. Minum 3x sehari masing-masing 1 gelas, diminum 1 jam sebelum makan.

3. KANKER DAN TUMOR
Kanker dan Tumor adalah penyakit yang terbilang mematikan, banyak orang yang terkena penyakit ini berujung kematian, tidak salahnya mencoba pengobatan herbal dengan bunga mahkota dewa. caranya adalah 5 gram buah mahkota dewa yang telah diiris dan dikeringkan dicampur dengan 15 gram temu putih, 10 gram sambiloto kering dan 15 gram cakar ayam kering, cuci bersih semua bahan, lalu rebus dengan 5 gelas air sampai tersisa 3 gelas, saring dan dinginkan. Minum ramuan 1 jam sebelum makan, dengan dosis 1 gelas dan maksimal 3 gelas sehari.

4. HEPATITIS
Untuk pengobatan bunga mahkota dewa penyakit hepatitis adalah 5 gram daging buah mahkota dewa kering yang telah diiris, 15 gram pegagan, 10 gram sambiloto kering dan 15 gram daun dewa, dicuci bersih semua bahan. Masak semua bahan dengan 5 gelas air sampai tersisa 3 gelas, saring dan dinginkan. Minum air ramuan tersebut 3x sehari masing-masing 1 gelas.

Itulah manfaat dari bunga mahkota dewa untuk kesehatan. untuk penyakit yang dirasa kronis anda diharuskan untuk berkonsultasi dengan dokter. semoga lekas sembuh atas penyakit yang diderita, kritik dan saran silahkan tinggalkan di kolom komentar. mohon untuk share artikel ini agar bermanfaat bagi orang lain. mas genli ucapkan wassalamualaikum wr wb.