Panduan Lengkap Belajar ngeblog untuk Pemula

Panduan Lengkap Belajar ngeblog untuk Pemula

BLOG - Panduan belajar ngeblog khusus untuk sobat yang ingin serius dalam mendalami apa itu ngeblog, dan bisa menghasilkan uang dari blog yang telah kita buat sendiri tentunya sobat pasti tertarik akan hal itu, dan tentunya ingin menjadi blogger yang sukses tanpa mengganggu rutinitas kerja.sebagai pemula tentunya tidak tahu apa itu blog ?? mari kita bahas apa itu blog:

apa itu blog ??

Bagi pemula pasti tidak tahu apa itu blog terkecuali adalah orang yang sudah sering ngeblog tentunya sudah mengerti dan paham apa itu blog, disini akan saya jelaskan secara gampang dan sederhana saja.

Blog adalah suatu wadah atau tempat untuk menyalurkan ide-ide kreatif kita secara online, dahulu sering orang-orang menggunakan buku dairy untuk menuliskan hal-hal yang menarik di kehidupannya. akan tetapi semakin perkembangan jaman maka berubahlah menjadi blog yang bisa di simpan dan di baca oleh orang lain.blog juga bisa menjadi sarana untuk memulai bisnis kita, ada banyak jenis blog atau website mari kita lihat jenis blog atau website di bawah ini :

  • FORUM (contohnya: kaskuss.co.id) 
  • TOKO ONLINE (contohnya: lazada.com, bhineka.com, tokopedia.com,dll) 
  • SEARCH ENGINE (contohnya: google.com, yahoo.com, bing.com, dll) 
  • SOCIAL NETWORKING (contohnya: facebook.com, twitter.com, instagram.com, dll) 
  • PORTAL BERITA (contohnya: kompas.com, detik.com,dll) 
  • BLOG (contohnya:belajar-ngeblog88.blogspot.co.id, dll) 
  • DLL 
Lalu apakah ada perbedaan anatara blog dengan website lainnya ??

Jawabannya adalah Banyak sekaliiiiii........

Dari sekiatan banyak perbedaan tetapi satu yang mencolok adalah dari segi kebutuhan, sudah saya jelaskan diatas bahwa blog adalah sarana untuk menuliskan sebuah catatan atau dairy kita sendiri secara online di internet.

Akan tetapi blog sudah memiliki banyak kegunaan dan fungsinya sebagai menuliskan catatan pribadi atau sebagai tempat berbagi informasi dan opini kepada publik, seperti halnya untuk keperluan bisnis secara online.

KENAPA NGEBLOG ??

pasti sobat penasaran dan bertanya-tanya:

apa yang didapat dari ngeblog ??

Dibawah ini akan saya jabarkan yang didapat dari ngeblog:

1. Menjadi ahli dalam mengarang / penulis hebat

kenapa saya bisa menyimpulkan hal ini, tentu sobat pasti paham jika belum paham baik akan saya jelaskan secara mendetail, jujur saya akui pertama kali saya menjadi seorang blogger / penulis blogger, saya tidak mengerti dan paham kosa kata yang saya pergunakan bahkan saya tidak terlalu pandai mengarang sebuah kata dan dijadikan sebuah kalimat dan kalimat dijadikan sebuah paragaraf. tentu itu akan sulit bagi seorang pemula, akan tetapi jika sobat sering-sering membuat postingan atau sebuah artikel, lambat laun pasti akan bisa dan memahami cara mengarang dan merangkai kata-kata, dan sobat pasti akan ahli dalam mengarang dan menjadi penulis yang hebat.

2. Menolong orang lain

Tentunya paham dengan hal ini kenapa ngeblog bisa menolong atau membantu orang lain ??

dikarenakan jika sobat menuliskan artikel yang bermanfaat seperti tutorial ngeblog, tentunya itu bermanfaat untuk orang lain yang belum mengerti akan halnya ngeblog itu sendiri.

3. Membangun sebuah Network atau jaringan

Secara umum menulis artikel dapat membangun sebuah jaringan, jika artikel yang sobat buat memiliki nilai tersendiri maka akan terbentuk sebuah jaringan yang tanpa disadari oleh sobat sendiri buat. tentunya tidak luput dari artikel yang menarik dan dapat mendatangkan pengunjung.

jika jaringan kita luas dan artikel dibaca oleh banyak orang didunia ini, maka dari itu sobat bisa mengembangkan bisnis dengan awalnya blog menjadi sebuah bisnis online.

4. Menambah teman dan pengetahuan

Dengan sobat ngeblog tidak sengaja sobat bisa berkenalan dengan orang-orang dunia maya yang tentunya satu profesi atau hobi yaitu ngeblog. tentunya tidak hanya itu saja sobat bisa menambah ilmu atau wawasan ilmu pengetahuan yang sobat dapat dari ngeblog.contohnya sobat bisa bertukar pikiran dengan sobat yang ditemui di dunia blog istilahnya dunia maya.

5. Mengisi waktu luang

sobat tentunya bisa mengisi waktu luang sobat dengan hal-hal positif dangan cara menuliskan artikel di blog yang sobat buat.tentunya tidak ada waktu yang dibuang secara sia-sia.

6. Mendapatkan uang dari ngeblog

Hal terakhir ini sebagai motifasi atau penyemangat untuk terus selalu menuliskan artikel-artikel yang bermanfaat bagi orang lain, agar blog yang sobat buat tidaklah sia-sia dan bermanfaat.Tentunya dengan ngeblog sobat bisa mendapatkan uang dari blog yang sobat buat. banyak blogger yang bisa kebeli mobil dan gaji yang menggiurkan dari ngelog yang awalnya iseng-iseng saja,malah membuat ketagihan.

Bagaimana cara memulainya ??

Ngeblog itu sangat mudah akan tetapi bagi pemula biasanya tidak tahu harus memulai dari mana dan apa yang akan ditulis di blognya baik dibawah ini akan saya jelaskan secara rinci:

1. Niat ngeblog

Hal pertama yang paling penting adalah niat, jika sobat sudah memiliki niat untuk ngeblog atau menulis artikel sebaiknya niatnya harus 100% jangan setengah-setengah saja, karena akan berdampak buruk untuk kedepannya.

2. Tentukan tema blog

Sebelum sobat melangkah lebih jauh alangkah baiknya untuk menentukan tema blog sobat agar sobat bisa konsentrasi untuk ngeblog dengan nyaman tanpa harus pusing lagi. tema blog sangatlah penting jika blog sobat memiliki tema yang menarik misalkan tentang ngeblog, kesehatan,pendidikan,atau bisa tentang diary sobat.

3. Tujuan membuat blog

Pasti sobat memiliki tujuan membuat blog, tujuan itu penting dari membuat blog agar tidak sia-sia untuk kemudian hari , misalya tujuan ngeblog adalah hobi dan mengisi waktu luang maka tidak akan membuang-buang waktu sobat untuk ngeblog.

4.Tentukan layanan Blog

Ada beberapa layanan penyedia blog secara gratis diantaranya yang saya pakai atau buat untuk menulis artikel ini adalah blogger.com ada juga di penyedia lainnya seperti wordpress.com dan tumblr.com, dan lain sebagainya. penyedia blog gratis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing tinggal sobat pilih yang mana yang menarik dan diminati oleh sobat.

5.Memulai menulis artikel di blog

Tidak salahnya untuk membuat artikel atau postingan pertama untuk blog sobat, tentunya dengan tema yang sudah ada yang saya jelaskan tadi di awal untuk memudahkan sobat mengisi artikel di blog sobat. tulislah artikel yang bermanfaat bagi orang lain dan tentunya artikelnya tidak mengandung unsur sara dan unsur pornografi.terus kembangkan artikel blog sobat dengan artikel pertama minimal 1000 kata itu sudah cukup tetapi alangkah baiknya untuk menambah dan menambahkan lagi tulisan dan artikel lebih banyak kata itu akan lebih baik.

6. Mempercantik desain blog

Jika sudah menulis artikel kini saatnya sobat untuk mempercantik blog sobat dengan tampilan yang menarik dan enak dilihat istilahnya user freindly. sobat bisa mempercantik dari segi desain blog atau bisa menambahkan widget lainnya.

Kesalahan Pemula saat memulai ngeblog ??

Tentunya bagi pemula tidak paham akan kesalahan yang di timbulkan di awal-awal ngeblog, saya akan jabarkan untuk sobat semua agar tidak salah lagi dalam ngeblog dan yang sudah terlanjur bisa mengambil hikmahnya dan segera memperbaiki blognya, di bawah ini akan saya jabarkan kesalahan- kelasahan ngeblog bagi pemula :
1. Mudah bosan

Tidak jarang bagi pemula mudah bosan dengan ngeblog, sudah saya ceritakan seberapa niatkah sobat untuk ngeblog jika sobat memiliki niat cuma setengah-setengah saja lebih baik urungkan saja niat untuk ngeblog, bukan saya bermaksud mematahkan, saya punya alasannya tersendiri mengapa saya bilang demikian karena jika sobat setengah-sengah dalam urusan ngeblog akan membuang waktu sobat saja.

2. Sibuk dengan Desain Template

Banyak blogger pemula sibuk pasti awalnya akan sibuk dengan template blognya, mempercantik blog menambah dan mencopot widget atau attribut blog, itu justru merugikan sobat sendiri. buatlah tampilan blog yang sederhana saja dan tidka banyak memasang widget atau atribut blog laiinya, itu akan mengganggu tampilan blog sobat sendiri, dan sobat akan lupa untuk membuat artikel yang bermanfaat karena sibuk untuk mempercantik desain blog itu sendiri.

3. Tidak konsisten menulis artikel (ngeblog)

Pasti bagi pemula dalam hal ngeblog atau blogging pasti ada rasa jenuh melanda terutama dalam hal menulis artikel, bagi blogger pemula seperti biasa di awal-awal pasti giat sekali dengan penuh semangat penuh seperti pejuang kemerdekaan semangat 45 setiap hari membuat artikel bisa sampai satu sampai 5 artikel akan tetapi artikel yang dibuat kadang hasil dari copy paste dari website lainnya. terkadang blogger pemula juga lama menghilang tiba-tiba muncul dan rajin posting lagi, sebenarnya itu bagus juga tapi lebih baiknya konsisten membuat artikel walau jaraknya hanya satu minggu sekali satu artikel itu lebih baik dari pada tidak sama sekali.

4. Membahas banyak Topik (gado-gado)

Kalau gado-gado yang bisa dimakan enak, kalau artikelnya gado-gado itu tidak enak dibaca sama sekali sehari bahas tema ini besok lain lagi bahas artikelnya dan tidak ada hubungannya dengan tema yang sudah ditentukan sejak awal. hindari membuat artikel seperti gado-gado.

5.Berambisi mengejar uang

Pada awalnya biasanya seorang blogger pemula berambisi untuk mendapatkan uang dengan cepat dan instan, perlu diketahui mendapatkan uang dari ngeblog membutuhkan waktu yang lama dan memakan waktu, tenaga, pikiran dll.sangatlah fatal jika seorang pemula sudah berambisi untuk mendapatkan uang dari ngeblog, pasti kedepannya tidak akan berjalan mulus, ingatlah pepatah jawa "alon-alon asal kelakon" artinya pelan-pelan tapi berhasil. tidak ada yang mudah semua itu membutuhkan usaha.

6. Terobsesi dengan statistik blog

Tidak dipungkiri bagi sobat yang masih pemula tentunya sering cek statistik blog sobat sendiri apakah hari ini pengunjungnya banyak atau tidak, sebetulnya ini tidak lah penting bagi sobat yang baru memulai ngeblog. jika artikel blog sobat bermanfaat maka para pengunjung akan betah dan berlama-lama di blog sobat.

7. Terlalu banyak blog

Biasanya pemula itu identik dan terobsesi dengan banyak blog sehingga itu kan menimbulkan masalah. bagi pemula mungkin banyak blog itu bagus, akan tetapi perlu di ingat blog yang bagus itu yang memiliki konten yang menarik. dan pengunjung betah berlama-lama di blog sobat. jangan membuat blog lainnya yang tidak berguna lebih baik satu blog tapi konsisten.

8. Tidak mengoptimalkan mesin pencari

Pada dasarnya mesin pencari pada google itu sangatlah penting untuk blogger pemula guna meningkatkan trafic pengunjung blog, jadi jangan masalah ngeblog saja yang di utamakan perlu hal lainnya guna untuk menambah ilmu dalam menulis artikel, gunakanlah dengan sebaik-baiknya mesin pencari seperti google.

Memulai kembangkan Blog !!!

Mulailah kembangkan blog sobat jika blog sobat sudah jadi dan memiliki beberapa artikel di dalamnya, tentunya sobat ingin memiliki pembaca atau orang-orang yang membaca artikel di blog sobat, maka di perlukan untuk sobat adalah promosi blog sobat, dan mengenal kata kunci (SEO) dan lain-lainnya.

1. Fokus pada tema

Sampai kapanpun tema adalah hal terpenting guna menarik perhatian pengunjung ke blog sobat. jika tema menarik maka pengunjung akan berbondong-bondong datang ke blog sobat tanpa harus di suruh.bagaiman artikel yang berkualitas itu ??:

  • artikel yang original (asli) bukan hasil copy paste dari website lainnya 
  • artikel yang sering dicari oleh pembaca 
  • artikel yang sangat bermanfaat seperti tutorial 
2. Forum atau Komunitas

Forum atau komunitas sangat baik sekali untuk memperkanalkan blog sobat ke sesama blogger lainnya, promosikan blog sobat ke forum atau komunitas yang sobat gabung akan tetapi sobat juga perlu memperhatikan pedoman dan ketentuan yang berlaku pada komunitas tersebut agar tidak melanggar ketentuan yang talah di buat di forum atau komunitas.

3. Social Media

Social media berpengaruh besar bagi kenaikan trafic sobat, jangan remehkan atau memandang rendah media sosial. sobat akan tahu jika sudah membuktikannya sendiri dengan memperkenalkan blog sobat di media sosial.

4. Semangat ngeblog

Buat sobat tetaplah semangat dalam ngeblog atau membuat artikel, tentunya dengan semangat yang ada sobat akan membuahkan hasil dari semgat tersebut. dan jangan pernah lupa agar selalu belajar dan belajar bagaimana ngeblog yang baik dan benar.

HASILKAN UANG DARI BLOG ??

Tentunya sobat bertanya-tanya apakah bisa menghasilkan uang dari sebuah blog ??
jawabanya : Iya bisa...

bukan hal mudah untuk mendapatkan uang dari blog, ada syarat tertentu yang harus di penuhi, nanti kita bahas di artikel selanjutnya mengenai mendapatkan uang dari blog. sudah banyak orang yang menghasilkan pundi-pundi rupiah dari blog, akan saya jabarkan beberapa situs atau website yang membayar blog sobat, cara kerjanya yaitu sobat perlu mendaftar ke salah satu website di bawah ini:

  • google adsense 
  • klik saya (lokal) 
  • media.net 
  • chitika 
  • dan lain-lain 
cara kerjanya yaitu di hitung dari PPC (pay per click), setiap klik yang sobat dapat berbeda-beda nominla angka pembayaran yang akan sobat terima, kareana setiap iklan yang tampil kita tidak tahu berapa harga iklan tersebut.ada beberapa hal yang bisa menghasilkan uang atau pundi-pundi rupiah simak di bawah ini :

1. Menjual jasa

menjual jasa adalah salah satu alternatif lain yang bisa sobat gunakan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.contohnya saja bisa diambil dari keseharian sobat misalkan sobat punya skill menulis, mendesain atau bahkan menjual produk hasil karya sobat sendiri.

2. Ikut program afiliasi

Program afiliasi adalah sebuah program yang menjualkan produk orang lain, jika salah produk yang di jual laku terjual maka sobat akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut.

3. Jual ruang iklan di blog

Jika ada space atau ruang kosong di blog sobat tidak salahnya mencoba menawarkan kepada orang yang ingin memasang iklan di sobat tersebut. tentunya tidak ada hal yang terlewatkan dari ngeblog itu sendiri.

4. Dan lain sebagainya

Dari ketiga hal diatas merupakan cara untuk menghasilkan uang melalui blog, dan masih banyak metode-metode yang tidak kalah sama yang di atas tadi.

Inti atau kesimpulan !!!

belajar ngeblog itu tidak lah sulit ibarat kata susah-susah gampang asalkan kita mempunyai niat dan mau selalu belajar, karena belajar itu tidak mengenal batasan usia. jika ada kesalahan dalam hal menulis artikel itu sudah biasa, anggap saja awal permulaan yang perlu di perbaharui lagi dan lagi.

pada inti nya jangan mudah menyerah dan putus asa dalam menjalani apapun itu mau dari ngeblog atau sesuatu yang lain,karena kegalalan adalah kunci sukses di masa depan.

Terima Kasih