Manfaat Tanaman Pegagan Obat Radang Usus

Manfaat Tanaman Pegagan Obat Radang Usus

TANAMAN- manfaat tanaman pegagan obat radang usus. pasti semua orang mengetahui tanaman satu ini yaitu pegagan, tanaman yang sepintas seperti asam. tetapi jika kita perhatikan banyak sekali perbedaannya. tumbuhan ini bernaman daun kaki kuda atau calincing rambat, atau lebih dikenal dengan pegagan. nama latin dari pegagan adalah centella asiatica urban.

Tumbuhan ini tumbuh subur didaerah bertanah lembab berbatu. terkadang kita jumpai tanaman ini tumbuh dicelah-celah retakan tembok, lantai belakang, sisi kamar mandi atau pada dinding lubang sumur.

Perbedaan tumbuhan ini dengan daun asam adalah tumbuhan ini mempunyai daun lebih besar bercabang banyak, serta setiap cabang dapat membentuk tumbuhan baru hingga sangat rimbun serta dapat membentuk rumpun yang menutupi tanah.

Daunnya bundar, berbentuk seperti ginjal dengan tepi bergerigi dan bertopang diatas tangkai daun yang panjang. letak daun bergerombol seputar batang. tumbuhan ini bunganya berwarna putih dan merah muda, tersusun dalam rangkaian berbentuk payung yang muncul pada ketiak daun. buahnya kecil-kecil dan rasanya pahit.

Di pedesaan tumbuhan ini ditanam orang sebagai tanaman sayuran. cara membudidayakannya dengan stek. tumbuhan pegagan atau daun kaki kuda ini memiliki khasiat banyak sekali. rebusan tumbuhan pegagan dapat digunakan untuk mengobati macam-macam penyakit seperti sakti perut, radang usus, melancarkan air seni, batuk, asma, dan bronchitis serta sariawan. daun mentah yang telah ditumbuk halus dapat digunakan untuk obat borok atau luka di kulit.

Demikian adalah manfaat tanaman pegagan obat radang usus, mohon untuk share artikel ini agar dapat bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan informasi tanaman obat. terima kasih sudah berkunjung.