Manfaat Tanaman Belimbing Wuluh Obat Cacar Air

Manfaat Tanaman Belimbing Wuluh Obat Cacar Air

Manfaat Tanaman Belimbing Wuluh Obat Cacar Air

TANAMAN- manfaat beragam tanaman belimbing wuluh obat cacar air. belimbing wuluh yang juga biasa disebut dengan belimbing sayur, memiliki pohon dengan ketinggian mencapai 10m, dan berbatang tidak rata. daun tersusun majemuk, berbentuk lonjong, dan berujung lancip. permukaan daun bagian atas terdapat bulu halus, sedangkan bagian bawah seperti beludru. buah berbentuk lonjong, berwarna hijau kekuningan dan berasa sangat asam, sedangkan biji berbentuk bulat telur agak pipih seperti biji buah belimbing. buahnya menempel pada batang. selain buahnya, daun dan bunganya juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan yang lainnya.

Tanaman ini tumbuh baik di tempat yang terbuka dan cukup lembab, tersebar luas di dataran rendah sampai ketinggian sekitar 750 m di atas peremukaan laut. tanaman ini dapat dikembangkan secara generatif maupun vegetatif.

Kandungan kimia pada tanaman belimbing wuluh adalah Batang belimbing wuluh mengandung senyawa saponin, tanin, glukosida, kalsium oksalat, sulfur, asam format. Daun belimbing wuluh mengandung tanin, sulfur, asam format, dan kalium sitrat. Daun belimbing mengandung tanin sedangkan batangnya mengandung alkaloid dan polifenol.


OBAT CACAR AIR
CARA : Daun muda belimbing wuluh dihancurkan secukupnya atau rajang, kemudian saring sarinya. bubuhkan sari pada kulit atau luka untuk menghilangkan rasa gatal. lakukan 3 kali sehari sampai sembuh, tetapi jangan gosokkan sari tersebut pada kulit.

OBAT GONDONG
CARA : Giling buah belimbing wuluh secukupnya hingga lembut, kemudian tempelkan pada kelenjar yang membengkak. setelah ramuan mengering, kemudian ganti dengan ramuan yang baru. lakukan kegiatan tersebut sampai sembuh.

OBAT SAKIT BATUK
CARA : Satu genggam daun belimbing wuluh dengan bunga dan bakal buah kencur, santan kental, garam, dan gula batu secukupnya. semua bahan tersebut dibungkus lalu dikukus. airnya disaring kemudian diminumkan pada penderita.

Demikian adalah manfaat tanaman belimbing wuluh untuk kesehatan. mohon untuk share artikel ini, agar dapat bermanfaat bagi orang lain yang sedang membutuhkan pengobatan secara alami. terima kasih sudah berkunjung.