Khasiat Kencur untuk Kesehatan

Khasiat Kencur untuk Kesehatan



Kencur merupakan jenis tanaman obat yang masuk dalam suku temu-temuan. Tanaman kencur atau disebut juga Kaempferia Galanga merupakan tanaman yang berasal dari India. Tanaman kencur ini biasanya tumbuh subur di daerah pegunungan dengan struktur tanah yang gembur dan cukup air. Tapi tanaman ini juga bisa ditanam dalam pot atau juga dipekarangan rumah.

Tanaman Kencur
selain untuk bumbu masakan, tanaman kencur yang merupakan jenis tanaman akar ini juga sangan bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya yaitu :
1. Obat Batuk
Kencur untuk obat batuk sudah sangat lama dikenal oleh masyarakat. Ramuan Tradisional kencur untuk obat batuk yaitu dengan membersihkan kulit kencur kemudian diparut dan diambil sarinya. untuk obat batuk biasanya sari kencur dicampur dengan air jeruk nipis atau dengan madu.
2. Obat Keseleo atau Bengkak
 Kencur juga bisa untuk mengobati kaki, tangan atau bagian tubuh yang keseleo atau bengkak, caranya yaitu dengan memarut kencur yang dicampur dengan segenggam beras yang sudah direndam kemudian tumbuk sampai halus dan dibalurkan ke bagian tubuh yang cidera atau bengkak.

3. Bahan Jamu
Kencur biasanya dijadikan untuk bahan jamu. Misanya jamu beras kencur, yang terbuat dari campuran beras, kencur, asam dan gula jawa. Jamu beras kencur bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, masalah pencernaan dan sakit perut.

Itulah beberapa manfaat dari Kencur yang biasanya digunakan oleh masyarakat di Indonesia, semoga bermanfaat.