khasiat tanaman sambiloto untuk kesehatan

khasiat tanaman sambiloto untuk kesehatan

TANAMAN- khasiat tanaman sambiloto untuk kesehatan. tanaman sambiloto adalah tanaman yang hidup dan tumbuh liar di antara semak belukar. tanaman sambiloto juga memiliki nama lain yaitu kioray. dan tanaman sambiloto ini memiliki nama latin andrographis paniculata (bum. (F) nees). sungguh panjang bukan nama latin dari tanaman sambiloto. 

Tanaman sambiloto bisa dijumpai di daerah tebing sungai, seperti aliran air sawah atau di tepi-tepi jalan setapak, ladang-ladang terbuka, atau bahkan di antara semak belukar, sering sekali menjumpai tanaman ini yang tumbuh berdiri tegak dan mempunyai batang segi empat saat muda dan bulat setelah tua, percabangan monopodial, dan berwarna hijau. Daun kecil-kecil berbentuk lanset, pangkal rata, permukaan berwarna hijau tua, tepi tidak bergerigi. Bunga berwarna putih kekuningan dan bertangkai. Buah berbentuk jorong kecil, bila tua akan pecah menjadi 4 keping. Bunganya berwarna putih atau ungu dan berbunga sepanjang tahun. Buah yang dihasilkan berbentuk memanjang sampai jorong, sedang bijinya berbentuk gepeng.


Demikian adalah manfaat atau khasiat dari tanaman sambiloto untuk kesehatan. mohon untuk share artikel ini agar dapat bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan informasi mengenai tanaman obat khususnya. kritik dan saran saya persilahkan.