Alasan Migrasi ke Template AMP

Alasan Migrasi ke Template AMP

BLOG - alasan migrasi ke template amp. Assalamualaikum, selamat pagi untuk sahabat mas genli dimanapun berada, semoga sehat selalu dan dalam lindungannya. Kali ini saya akan membahas soal kenapa blogger sekarang pindah atau migrasi ke template amp. Akan tetapi disini saya belum pindah atau migrasi ke template amp, karena saya rasa terlalu ribet dan juga tidak memiliki waktu luang untuk mengubah template bawaan blogger ke template amp.

Apa itu amp ?

Template amp adalah template yang dipercepat atau direkomendasikan oleh pihak google. Ini karena semakin banyak data atau gambar yang di load akan membuat tampilan halaman sebuah website menjadi susah untuk tampil apalagi ditambah dengan koneksi yang kurang bersahabat yaitu lelet sekali, ini akan membuat tampilan sebuah website akan lama sekali untuk terbuka.

Memang saya akui bahwa menggunakan template amp adalah salah satu solusi untuk membuat load tampilan blog atau website menjadi ringan untuk di load dan tidak berat. Bagi yang belum menggunakan template amp sebetulnya tidak apa-apa, ini hanya sebuah rekomendasi dari pihak google.

Ibaratnya sekarang para blogger harus kembali ke masa lalu, karena dahulu semuanya serba manual dan tidak otomatis, sangat berbeda dengan sekarang yaitu para blogger yang tidak bisa bahasa program bisa membuat blog atau mengganti template blog yang di inginkan secara instant. Ini karena pihak google tidak ingin membebani seseorang untuk membuat blog dengan kode program yang rumit. Lebih dari itu pihak google memanjakan setiap blogger dapat membuat artikel dengan mudah tanpa harus masuk ke Cpanel, seperti website pada umumnya.

Perubahan ini sangat baik untuk kedepannya, mungkin semua blogger harus bisa kode program agar bisa maksimal dalam membuat blog lebih seo. Template amp mungkin ribet atau susah sekali untuk membuatnya atau mengeditnya. Akan tetapi hal ini sepadan dengan hasil yang didapatkan, yaitu blog menjadi ringan, seperti menaiki motor dengan kecepatan 80 km/perjam.

Banyak sekali blogger yang migrasi tanpa memikirkan hal yang mungkin nanti akan membuat susah diri sendiri, karena jika ingin mengganti template bawaan blogger dan artikel sudah mencapai ribuan atau ratusan ini akan membuat susah sendiri. Boleh-boleh saja mengganti template ke amp jika artikel belum mencapai ribuan, jika anda memiliki waktu luang tidak apa-apa untuk mengganti template ke amp.

Lebih baik dari awal membuat blog atau website lebih baik langsung saja ganti ke template bawaan blogger. Ini lebih akan lebih baik dan tidak memakan waktu yang lama, jika dari awal sudah mengganti template ke amp ini akan membuat ringan dan mempermudah pekerajaan tanpa harus mingrasi ke template amp.

Perlu sekali pemahaman dan niat untuk merubah template blog ke amp. Dan perlu diperhatikan untuk para blogger untuk memilih template yang di inginkan, untuk template amp bisa download di internet, masih sedikit sekali yang membuat template amp. Ini dikarenakan baru-baru ini template amp menjadi booming di kalangan blogger. jadi banyak sekali website besar yang sudah migrasi ke template amp, ini diperuntukkan untuk membuat kenyamanan bagi peselancar internet ketika mengakses blog tidak lambat dan mudah sekali untuk dibuka. Inilah yang membuat para blog atau website besar beralih atau migrasi menggunakan template amp.

Adapun keuntungan atau kerugian menggunakan template amp sebetulnya. Baiklah saya akan membahas keuntungan menggunakan template amp.

Kelebihan menggunakan template amp

  • Keuntungan menggunakan template amp adalah membuat laman lebih cepat dan mudah untuk dibuka kembali. 
  • Kecepatan load blog lebih cepat dibandingkan template yang belum menggunakan template amp. 
  • Template tampilan lebih inovatif. 
  • Ukuran template menjadi kecil. 
Jika ada kelebihan maka kekurangan menggunakan template amp. untuk lebih jelasnya adalah seperti dibawah ini :

kekurangan menggunakan template amp

  • menambahkan script secara manual. 
  • susah bagi yang belum mengetahui tata letak kode html pada tema blog. 
  • memakan waktu yang lama untuk mengubah template amp di blog. 
  • lebih rumit. 

Mungkin hanya itu saja yang saya ketahui tentang kelebihan atau kekurangan menggunakan tema atau template amp. sekedar saran bagi blogger semuanya, jika tidak memepunyai waktu luang atau tidak paham akan kode program khususnya html dan css lebih baik untuk tidak menggunakan template amp. menggunakan template amp hanya pilihan bukan harus di lakukan.

Terima kasih sudah berkunjung di blog mas genli. kritik, saran atau pendapat silahkan tinggalkan di kolom komentar. mohon untuk share artikel ini agar bermanfaat bagi orang lain. saya ucapkan terima kasih wassalamaualaikum wr wb.